11 Aplikasi Mind Map

Bongkarn Thanyakij @ Pexels

Belajar adalah salah satu kegiatan yang tidak pernah ada hentinya, baik untuk anak kecil ataupun orang dewasa. Sayangnya masih banyak orang yang malas untuk belajar karena berbagai alasan, salah satunya adalah materi yang sulit dipahami.

Sejatinya, proses belajar lebih mudah dilakukan dengan mind map alias peta konsep. Apabila dulu Anda membutuhkan banyak kertas untuk melakukan mindmap, sekarang proses mindmap bisa dilakukan jauh lebih mudah dengan smartphone lho!

Nah berikut adalah beberapa aplikasi mind map terbaik di Android yang siap memudahkan proses belajar Anda:

SimpleMind

Banyak pengguna Android yang memilih untuk menggunakan SimpleMind karena banyaknya fitur unik yang membuat mind map lebih mudah dipahami. Salah satu fitur unggulan dari SimpleMind adalah Anda bisa menambahkan suara ataupun video pada mind map yang dibuat.

Keunggulan lainnya dari SimpleMind adalah bisa menambahkan PDF dalam hitungan detik ke dalam mind map, yang sejatinya bisa membutuhkan waktu hitungan jam apabila Anda melakukannya secara manual. Untuk bisa menggunakan semua fitur SimpleMind, Anda perlu membayar Rp.109 ribu. [Download now]

LucidChart

Keunikan LucidChart adalah pada konsep mind map-nya yang menggunakan flowchart sehingga hasil akhirnya pun lebih terstruktur. Untuk membuat mind map pun terbilang mudah karena Anda hanya perlu memindahkan flowchart dari satu tempat ke tempat lainnya sesuai kebutuhan.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan link pada mind map yang dibuat sehingga tidak perlu lagi membuka banyak halaman Google untuk sekali belajar. Anda bisa menggunakan semua fitur dari LucidChart dengan hanya membayar sekitar Rp.75 ribu tiap bulannya. [Download now]

Mindly

Mindly adalah salah satu aplikasi mind map terbaik yang sudah digunakan jutaan orang hingga sekarang. Melalui Mindly, Anda bisa membuat mind map dalam ukuran besar ataupun kecil dengan teks yang tetap mudah terbaca.

Proses membuat mind map melalui Mindly pun terbilang mudah dan Anda bisa mengawalinya dari titik tengah. Setelahnya, Anda bisa menambahkan beragam teks, ikon, ataupun merubah warnanya secara keseluruhan untuk membuat mind map lebih berwarna dan mudah diingat.

Selain itu, Anda juga bisa membuat mind map dalam beberapa lapisan sehingga tidak usah repot berpindah dari satu file mindmap ke mindmap lainnya. Menariknya lagi, hampir semua fitur di Mindly bisa didapatkan dengan gratis lho!

Apabila ingin menggunakan fitur berbayar, maka Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.100 ribu. [Download now]

MindMaster

Bukan hanya memudahkan Anda untuk membuat mind map kapan saja, MindMaster juga memudahkan Anda untuk membagikan mind map yang sudah selesai dibuat dalam bentuk gambar ataupun PDF melalui email. MindMaster juga cocok digunakan untuk pekerja kantoran dalam membuat mind map yang akan dipresentasikan dalam berbagai rapat.

Fitur yang tersedia di MindMaster pun cukup lengkap, seperti Anda bisa menambahkan banyak topik ataupun sub-topik sebanyak apapun yang dibutuhkan. Tentunya Anda juga bisa menambahkan gambar untuk membuat mind map lebih menarik dan mudah dipahami.

Selain bisa diakses melalui smartphone, MindMaster juga bisa diakses melalui PC ataupun websitenya langsung lho! [Download now]

Coggle

Coggle adalah aplikasi mind map terbaik yang mudah dipahami oleh siapa saja, termasuk oleh Anda yang sama sekali belum pernah membuat mind map sama sekali. Ketika Anda login ke Coggle, hal pertama yang muncul adalah titik tengah dan lama kelamaan akan membesar apabila Anda melakukan klik beberapa kali untuk menambahkan catatan.

Coggle juga memungkinkan Anda untuk membuat mindmap bersama teman melalui fitur chat yang tersedia. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur Markdown untuk menambahkan berbagai elemen mind map seperti catatan kecil, gambar, ataupun berbagai link.

Kabar baiknya, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.75 ribu untuk menggunakan semua fitur dari Coggle! [Download now]

Milanote

Konsep Milanote yang sederhana inilah yang memudahkan para penggunanya untuk membuat mind map sebanyak apapun juga. Melalui Milanote ini, Anda bisa menambahkan berbagai media sebanyak apapun baik berupa gambar, video, ataupun link untuk memudahkan proses belajar.

Selain cocok untuk digunakan personal, Milanote juga memungkinkan Anda untuk membuat mind map bersama teman untuk mempercepat prosesnya. Untuk bisa mendapatkan semua fitur Milanote, Anda perlu membayar sekitar Rp.150 ribu tiap bulannya. [Download now]

Ayoa

Selain menawarkan fitur mind map, Ayoa masih menawarkan banyak fitur lainnya seperti membuat daftar kegiatan yang akan memudahkan Anda untuk beraktivitas sehari-hari. Ayoa juga cocok untuk digunakan dalam tim sehingga memudahkan proses pembuatan mind map lho!

Dengan fitur “Public”, Anda bisa membagikan mindmap kapan saja dan kepada siapapun juga hanya dalam hitungan detik. Anda juga bisa mengubah notes dari aplikasi lainnya seperti Evernote ke Ayoa yang siap memudahkan proses pembuatan mind map!

Meskipun sebagian besar fitur Ayoa bisa Anda gunakan secara gratis, tidak ada salahnya mencoba fitur berbayar Ayoa yang hanya ditawarkan seharga Rp.150 ribu untuk tiap bulannya. [Download now]

Stoarmboard

Salah satu hal yang menjadi keunggulan Stormboard adalah konsep mindmap-nya yang menggunakan sticky notes,sehingga hasil akhirnya pun terlihat rapi. Anda pun bisa menambahkan garis yang menyambungkan antara satu sticky notes dengan lainnya untuk menandakan jika konsep tersebut adalah satu kesatuan.

Menariknya lagi, Stoarmboard juga bisa digunakan secara berkelompok alias brainstorming. Tiap anggotanya pun bisa menambahkan catatan, sticky notes baru, ataupun menambahkan pesan suara untuk dicek anggota lainnya.

Banyak fitur Stoarmboard yang bisa Anda akses secara gratis, dan apabila ingin menggunakan fitur berbayar maka Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.75 ribu. [Download now]

Padlet

Padlet adalah aplikasi mind map terbaik untuk tim, di mana rekan Anda bisa mengedit mind map yang sudah dibuat bersama sewaktu-waktu. Melalui Padlet inilah Anda bisa menambahkan banyak tulisan ataupun file pada mind map untuk memudahkan proses pembelajaran ataupun membuat presentasi.

Selain menggunakan Bahasa Inggris, Paddlet juga sudah tersedia dalam 29 bahasa lainnya lho! Anda pun bisa menyimpan mind map sewaktu-waktu di Google Drive dan mengubahnya dalam bentuk dokumen. [Download now]

MindManager

Keunggulan dari MindManager bukan hanya fitur mind map-nya yang mudah dibuat, namun Anda juga bisa membuat flowcharts, timelines, jadwal, diagram, dan masih banyak lagi, Anda juga bisa menggunakan 60 jenis diagram secara gratis ketika membuat mind map.

Selain bisa diakses melalui Android, MindManager juga kompatibel dengan sistem operasi lainnya baik Windows maupun iOs. Menariknya lagi, sebagian besar fitur dari MindManager bisa Anda gunakan secara gratis lho! [Download now]

XMind

Kualitas dari aplikasi satu ini tidak perlu Anda ragukan lagi mengingat Xmind sudah berdiri sejak 12 tahun lalu. XMind menawarkan banyak fiturnya secara gratis, seperti 16 tipe diagram, 10 tema, dan Anda bisa membagikannya dengan mudah melalui email ataupun bluetooth.

Bukan hanya itu, XMind juga bisa digunakan untuk membuat Resume yang pastinya akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Selain bisa diakses kapan saja melalui Android, Anda juga bisa mengakses XMind melalui PC serta gadget berbasis iOs kok! [Download now]

Pastinya sekarang sudah tidak bingung lagi kan cara membuat mind map yang mudah setelah tahu aplikasi barusan? Yuk buat belajar lebih menyenangkan dengan mindmap!