5 Aplikasi Android Untuk Jual Rumah

Sumber: Alexas_Fotos @Pixabay

Sebagai kebutuhan dasar manusia, tempat tinggal tetap khususnya rumah pasti aktif diperjualbelikan di pasar properti. Biasanya, penjualan rumah dilakukan melalui agen maupun tanpa perantara. Namun sering kali penjual rumah merasa kurang puas, menunggu rumah laku terlalu lama, dan mengalami berbagai masalah lain.

Dalam rangka mengatasi masalah penjual rumah, maka inovasi digital berupa aplikasi mulai merajalela untuk menawarkan solusi terkini. Aplikasi untuk menjual rumah tersebut akan mempertemukan penjual dengan pembeli yang menginginkan rumah berdasarkan tipe ukuran, lokasi, model, serta aspek lain.

Dari ratusan aplikasi yang tersedia di Android, berikut ini merupakan rekomendasi 5 aplikasi terbaik untuk menjual rumah Anda secara lancar.

GarApp

GarApp (Sumber: Dok. pribadi)

Jika Anda memiliki berbagai jenis properti untuk dijual, aplikasi GarApp hadir sebagai solusi Anda. Tidak hanya rumah, Anda pun dapat menjual perumahan, kost, apartemen, kantor, hotel, villa, tanah, pabrik, gudang, lahan tani, produk penunjang properti, hingga jasa. Dapat dilihat bahwa aplikasi ini lebih banyak menjangkau properti untuk tempat tinggal beserta kebutuhan yang menyertainya.

Sebagai penjual, langkah pertama yang harus dilakukan ialah memasang iklan atau informasi rumah yang akan dijual. Informasi pun ditulis secara rinci yaitu meliputi aspek harga, luas, gambar, lokasi dalam peta, fasilitas, dan kondisi. Anda juga dapat membagikan iklan dengan mudah melalui fitur Share sebagai sarana pemasaran pada media sosial lain.

Aplikasi GarApp memiliki pangsa pasar yang luas karena menawarkan berbagai kelebihan pemikat hati calon pembeli rumah. Contohnya adalah fitur Message dan Call untuk menghubungi penjual dalam sekali klik. Pembeli rumah pun tidak akan mudah merasa bingung karena terdapat fitur pemberi rekomendasi rumah secara otomatis.

Berdasarkan karakteristiknya, aplikasi ini cocok untuk orang yang menyukai peninjauan mendetail seputar properti serta membutuhkan atau ingin menawarkan jasa terkait properti. Untuk langsung mencoba aplikasi, Anda dapat memeriksa tautan ini.

PropertiGue.com

PropertiGue.com (Sumber: Google Play Store)

Sebagai marketplace properti, aplikasi PropertiGue.com merupakan salah satu platform yang direkomendasikan untuk menjual rumah. Saat membuka aplikasi, Anda akan mendapati halaman utama berupa kolom pencarian properti berdasarkan wilayah dan kata kunci namun tetap dipadu dengan listing properti terbaru.

Untuk menjual rumah, Anda harus memasang iklan lewat tombol di bagian tengah terbawah pada halaman utama. Selain rumah, aplikasi PropertiGue.com juga mendukung jual beli apartemen, indekos, kantor, kios, komersial, kontrakan, ruko, dan tanah. Dari jenis properti tersebut, aplikasi ini terlihat juga banyak menyediakan tempat untuk bisnis atau usaha.

Tampilan properti yang ditawarkan oleh aplikasi ini tergolong sederhana, tidak bertele-tele, dan tidak terlalu menonjolkan informasi detail. Artinya, pembeli dan penjual tentu lebih banyak memanfaatkan fitur komunikasi yang ada seperti telepon dan pengiriman pesan. Daripada aplikasi lain, PropertiGue.com unggul pada fitur menu Artikel Terbaru untuk edukasi mengenai berita properti terkini serta saran jitu untuk jual beli properti.

Dari keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini lebih cocok untuk penjual sekaligus penikmat saran, berita, atau bacaan terhangat seputar properti serta orang yang tidak terlalu suka membaca informasi teknis yang terlalu panjang dan detail. Lewat tautan ini, Anda dapat langsung mengunduh aplikasi.

99.co INDONESIA

99.co Indonesia (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi 99.co sangat direkomendasikan karena menawarkan fitur jual beli yang lengkap. Di dalamnya, aplikasi menghadirkan dua jenis pasar properti yaitu market primary atau primer dan market secondary atau sekunder. Beragam jenis informasi pun ditulis dalam rentang angka, misalnya luas bangunan, luas tanah, jumlah ruangan, dan harga.

Sebagai penjual rumah, Anda dapat memasang iklan gratis maupun berbayar premium. Pemilihan layanan premium akan meningkatkan frekuensi pencarian atas rumah Anda supaya lebih cepat terjual. Kontak penjual atau agen pun menjadi highlight atau item yang ditonjolkan saat pembeli meninjau daftar properti. Bahkan aplikasi memungkinkan pembeli untuk melihat profil dan daftar properti penjual supaya lebih meyakinkan.

Kelebihan aplikasi ini adalah model penyajian daftar properti dimana tetap rinci namun tidak membingungkan. Hal ini karena penggunaan ikon yang representatif sehingga informasi yang lebih detail baru dapat dilihat jika melakukan klik pada properti yang diinginkan.

Selain itu, aplikasi menyediakan simulasi KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dengan asumsi uang muka dan bunga yang sesuai dengan kondisi pasar. Untuk memberi gambaran wilayah properti, aplikasi ini menunjukkan penilaian tentang jumlah sekolah, tempat hiburan, jalan tol, transportasi umum, frekuensi banjir, dan tingkat kriminalitas dalam skala berupa rating 1 hingga 5.

Karena kelengkapan fitur, aplikasi ini lebih direkomendasikan untuk orang yang mempertimbangkan wilayah di sekitar rumah, hanya memiliki detail informasi properti yang tidak terlalu pasti atau dalam rentang angka, serta tidak ingin repot memikirkan skema pembiayaan atas rumah. Jika ingin mencoba aplikasi, Anda dapat mengunjungi tautan ini.

OLX

OLX (Sumber: Google Play Store)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa OLX merupakan marketplace penjualan berbagai jenis barang, salah satunya adalah properti berupa rumah. Tidak mengherankan bahwa pasar OLX sangatlah besar serta memiliki tim pengembang yang bekerja di balik layar dengan luar biasa.

Keunggulan utama OLX daripada aplikasi khusus jual beli properti terletak pada tampilan yang lebih menarik atau mampu menggugah minat untuk membeli produk. Aplikasi juga menerapkan sistem operasional yang terjamin berkualitas, mulai dari fitur pengiriman pesan dengan penyediaan format pertanyaan dan jawaban, sistem bantuan online yang selalu aktif, dan lain sebagainya.

Terkenal sebagai platform jual beli barang, aplikasi ini pun lebih cocok untuk Anda yang ingin menjual tidak hanya rumah saja melainkan berbagai jenis barang lainnya. Untuk menjadi salah satu dari belasan juta orang yang mengunduh aplikasi, Anda cukup hanya memeriksa tautan ini.

KASKUS JUAL BELI

Kaskus Jual Beli (Sumber: Dok. pribadi)

Platform pelopor diskusi nasional paling ramai yaitu Kaskus meluncurkan aplikasi khusus jual beli bernama Kaskus Jual Beli untuk mewujudkan keinginan para penggunanya. Salah satu produk yang dianggap berprospek positif dalam jual beli oleh aplikasi ini pun jatuh kepada properti.

Keunikan aplikasi ini adalah integrasi dengan forum Kaskus serta menyuguhkan cerita insipiratif dari penjual yang sukses. Hal ini tentu memotivasi penjual pemula untuk lebih semangat dalam berbisnis serta yakin bahwa mereka didukung oleh kekuatan pemasaran dari komunitas Kaskus.

Karena bukan aplikasi khusus jual beli properti, maka kategori produk masih belum terlalu banyak yaitu terdiri atas apartemen, kos, rumah, tanah, dan kategori lainnya. Namun aspek ini tidak terlalu penting jika Anda memang berniat hanya menjual rumah saja.

Jika Anda menyukai diskusi aktif, memperoleh perkembangan isu terbaru, serta ingin memasarkan rumah dengan bantuan komentar pengguna, Anda merupakan pengguna yang cocok untuk memilih Kaskus Jual Beli. Anda dapat mengunduh aplikasi Kaskus Jual Beli melalui tautan ini.

Adanya 5 aplikasi di atas terbukti merealisasikan penjualan rumah secara mudah dan cepat. Dalam dunia serba digital ini, Anda pun sebaiknya tidak ketinggalan zaman dan mulai mempelajari cara menjual rumah secara online lewat aplikasi yang direkomendasikan. Selamat mencoba, ya!