5 Aplikasi Video Call Terbaik Sesuai Kebutuhanmu

Photo by Edward Jenner from Pexels

Tak dapat dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Seluruh lapisan masyarakat dipaksa untuk membatasi aktivitasnya di rumah saja, baik pekerja maupun mahasiswa. Salah satu aspek penting untuk mendukung aktivitas yang dilakukan dari rumah adalah komunikasi. Sampai saat ini, mungkin hampir seluruh perusahaan dan institusi pendidikan sudah menggunakan video conference atau video call untuk mengakali masalah komunikasi ini.

Aplikasi video call yang tersedia pun sudah cukup banyak. Akan tetapi, dari sekian banyak aplikasi tersebut, kira-kira apa saja ya aplikasi video call terbaik yang banyak digunakan dan direkomendasikan? Nah, untuk menentukan aplikasi video call terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu, yuk langsung simak ulasan kelima aplikasi video call di bawah ini!

1.      Zoom

(Sumber: Google Play Store)

Zoom merupakan rekomendasi aplikasi video call yang pertama untuk melangsungkan video conference formal, seperti untuk kebutuhan kantor atau sekolah. Apabila kamu masih ingat, aplikasi yang satu ini sempat viral karena isu keamanannya. Yup, kasus tersebut diberi nama Zoom Bombing, menggambarkan orang-orang tak dikenal yang berhasil menyusup ke ruangan meeting orang lain tanpa diundang.

Akan tetapi, kamu sudah tidak perlu khawatir terkait keamanan aplikasi yang satu ini. Sejak kasus tersebut viral, pihak Zoom langsung berupaya sebaik mungkin untuk mengatasi isu keamanan tersebut. Untuk menjamin keamanan aplikasi ini, kamu hanya perlu meng-update aplikasi Zoom kamu ke versi terbaru, yaitu versi yang keamanannya sudah diperbaiki. Kini, banyak orang sudah kembali memilih Zoom sebagai aplikasi video call atau video conference yang mereka gunakan.

Zoom juga memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap untuk melangsungkan video call, meliputi fitur untuk screen sharing, fitur chat selama video call berlangsung, serta tampilan tiled-nya yang memungkinkan kita melihat seluruh partisipan dalam satu layar. Fitur yang terakhir ini tampaknya sederhana, tetapi sangat sedikit loh aplikasi video call yang menyediakan tampilan tiled seperti Zoom! Lalu, fitur chat dari Zoom ini juga cukup disukai oleh penggunanya, karena memungkinkan chat privat antara dua orang saja.

Secara keseluruhan, aplikasi Zoom ini memang sangat memenuhi kebutuhan untuk video call. Terlebih, fitur screen sharing-nya menawarkan resolusi yang cukup baik, sehingga layar yang di-share tampak jelas dan tidak blurry. Sayangnya, Zoom memberikan keterbatasan waktu untuk pengguna gratisnya. Waktu untuk satu sesi video call terbatas hanya sampai 40 menit. Setelah itu, apabila meeting masih harus dilanjutkan, pengguna dapat membuat video call baru dan mengundang partisipan-partisipan lainnya. [Download di sini]

2.      Google Meets

(Sumber: Google Play Store)

Selain Zoom, aplikasi video call lainnya yang dapat kamu gunakan untuk kepentingan formal adalah Google Meets. Perlu diketahui bahwa sebelumnya, akses untuk membuat video call melalui Google Meets hanya diberikan untuk pelanggan G Suite. Akan tetapi, baru-baru ini, Google memutuskan untuk menggratiskan akses Google Meets untuk seluruh pengguna Google sampai bulan September 2020. Hal ini dilakukan Google untuk mendukung masyarakat berkegiatan dari rumah.

Salah satu fitur unggulan Google Meets adalah kemampuannya untuk menampung partisipan video call dalam jumlah banyak, yakni mencapai 100 orang. Fitur lainnya yang patut dipertimbangkan adalah waktu yang tidak terbatas dalam satu sesinya. Selain itu, Google Meets juga memiliki fitur-fitur klasik yang dibutuhkan untuk video call, seperti fitur screen sharing dan fitur chat selama video call berlangsung. Resolusi screen sharing yang ditawarkan oleh Google Meets pun layak saing dengan Zoom, karena tampilannya juga cukup jelas dan tidak blurry. Sayangnya, Google Meets tidak memiliki tampilan tiled seperti Zoom. Google Meeets hanya mampu menampung beberapa layar partisipan video call. [Download di sini]

3.      Discord

(Sumber: Google Play Store)

 Nah, apabila kamu memerlukan aplikasi video call untuk keperluan gaming, maka Discord adalah aplikasi yang patut kamu coba! Aplikasi yang satu ini pastinya sudah cukup terkenal ya di kalangan gamers. Fitur video call ini pastinya menambah panjang daftar fitur Discord, menyusul fitur streaming yang memang sudah banyak digunakan oleh para gamers. Oleh karena itu, pastinya aplikasi video call yang satu ini juga memiliki opsi untuk screen sharing.

Untuk jumlah maksimal peserta video call, saat ini Discord hanya memfasilitasi sampai 10 orang. Akan tetapi, untuk streaming, Discord memberikan jumlah yang lebih besar, yaitu mencapai 50 orang. Kualitas streaming yang ditawarkan pun tidak tanggung-tanggung, yakni sebesar 720p/30fps untuk pengguna gratis. Selain itu, salah satu fitur yang patut diapresiasi dari Discord adalah fitur penyeragaman volume untuk audio dari seluruh peserta lainnya. Di aplikasi Discord ini, kamu juga dapat membuat channel tersendiri untuk setiap grup berbeda, loh! [Download di sini]

4.      WhatsApp

(Sumber: Google Play Store)

Apabila kamu memerlukan aplikasi video call hanya untuk beberapa orang saja, maka WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang patut kamu coba. Aplikasi yang satu ini memang cukup banyak digunakan orang untuk chatting, tetapi fitur video call-nya juga tidak boleh diremehkan! Mengikuti kebutuhan masyarakat saat ini, WhatsApp sudah meningkatkan jumlah partisipan video call-nya. Sebelumnya, video call yang dilangsungkan di WhatsApp hanya mampu menampung jumlah peserta sebanyak 4 orang. Kini, batas peserta video call sudah ditingkatkan menjadi 8 orang. Mengingat bahwa WhatsApp juga menyediakan aplikasi di desktop dan smartphone, fitur video call-nya pun dapat diakses melalui kedua platform tersebut. [Download di sini]

5.      LINE

(Sumber: Google Play Store)

Kalau kamu adalah anak muda yang memerlukan aplikasi video call untuk seru-seruan dengan teman kamu, maka LINE adalah jawabannya! LINE memang terkenal sebagai aplikasi chatting dengan segudang fitur yang menarik minat anak muda. Mulai dari tema, stiker, bahkan games dan bot yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, fitur video call pada aplikasi ini pun patut mendapatkan perhatian.

Aplikasi video call yang satu ini sangat cocok untuk kepentingan di luar kepentingan profesional. Pasalnya, LINE menawarkan filter-filter wajah yang lucu yang bisa kamu gunakan saat video call dengan teman atau kerabat kamu. Selain itu, jumlah partisipan video call yang disediakan juga tidak tanggung-tanggung loh, yakni mencapai 200 orang!

Sebagai tambahan, LINE memang melengkapi fitur video call-nya dengan fitur screen sharing. Akan tetapi, kalau kamu memang membutuhkan fitur screen sharing ini, ada baiknya kamu mempertimbangkan aplikasi video call yang direkomendasikan sebelumnya. Pasalnya, resolusi screen sharing yang ditawarkan oleh LINE tidak sebagus Zoom atau Google Meets. [Download di sini]

Nah, itu dia kelima rekomendasi aplikasi video call terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kamu! Dari pembahasan di atas, dapat terlihat bahwa setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi video call yang paling memenuhi dan paling sesuai dengan kebutuhan kamu ya! Atau mungkin kamu memiliki preferensi aplikasi video call lainnya? Yuk, bagikan rekomendasi aplikasi video call kamu di kolom komentar!