7 Aplikasi Android Kekinian Untuk Jogging

Sumber: Andrea Piacquadio @Pexels

Sebagai kebutuhan kesehatan tubuh, kegiatan olahraga khususnya lari menjadi cara termudah yang bisa dilakukan oleh hampir semua kalangan. Bahkan lari kian menjadi hobi yang semakin diminati dimana terbukti dari banyaknya komunitas lari atau kompetisi lari di Indonesia.

Aktivitas lari pun kian berkembang seiring dengan kemajuan teknologi informasi melalui aplikasi digital. Dengan tawaran beragam fitur menarik dan kekinian, aplikasi untuk lari atau jogging terbukti menarik hati banyak orang. Apalagi saat ini semua aplikasi dapat diunduh dan digunakan secara mudah lewat Android.

Untuk mengetahui 7 aplikasi yang tersedia dalam Android untuk lari atau jogging, Anda dapat langsung menyimak penjelasan berikut ini:

NIKE RUN CLUB

Nike Run Club – Fitur Sharing Run (Sumber: Google Play Store)

Sebagai aplikasi yang sudah rilis sejak tahun 2012, Nike Run Club menjadi salah satu aplikasi yang disukai oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia. Bagaimana tidak, aplikasi ini merupakan keluaran brand olahraga ternama di dunia yaitu Nike, Inc. Untuk memakai aplikasi secara langsung, Anda dapat memeriksa tautan ini.

Pada aplikasi Nike Run Club, pengguna dapat langsung berlari sesuka hari atau menikmati program lari yang tersedia. Adapun contoh program yang dimaksud adalah marathon 5km, mindful running atau lari dengan batas waktu, dan treadmill runs.

Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan program pelatihan lari untuk berbagai tujuan. Mulai dari tujuan lari tingkat awal selama 4 minggu, program kebugaram selama 8 minggu, hingga persiapan lomba lari. Pengguna pun akan lebih termotivasi untuk berlari dengan adanya challenge atau tantangan lari rutin, misalnya pencapaian lari 50 km, pemecahan rekor kecepatan lari tercepat, dan masih banyak lagi.

Saat akan berlari, pengguna harus berada pada layar utama. Aktivitas lari dapat dimulai ketika menekan button atau tombol START. Pengguna juga bebas menyetel musik dari gadget sebagai pengiring kegiatan lari. Di akhir kegiatan lari, pengguna akan mendapatkan ringkasan jarak, waktu, rute, dan berbagai data penting lain selama berlari.

PUMATRAC

Pumatrac – Fitur Olahraga (Sumber: Google Play Store)

Selain Nike, brand olahraga tersohor lain yaitu Puma juga memiliki aplikasi berolahraga yang dinamai Pumatrac. Uniknya, aplikasi ini tidak hanya bermanfaat untuk jogging namun juga mendukung pengguna untuk melakukan jenis olahraga lain khususnya workout sederhana seperti boxing, pilates, dan ballet.

Keunggulan aplikasi ini untuk jogging adalah kehadiran pelatih profesional untuk memandu gerakan maupun tips berolahraga. Setiap gerakan pun ditampilkan secara jelas disertai durasi dan tujuan spesifik sehingga menjamin tujuan atau keinginan pengguna, misalnya kekuatan, kelenturan, atau kecepatan.

Selain itu, aplikasi Pumatrac terintegrasi dengan toko atau store resmi. Bagi kalangan milenial, aplikasi ini akan lebih menarik lagi karena menampilkan kegiatan terkini para duta atau brand ambassador Puma misalnya berita Live Instagram. Untuk mengunduh aplikasi, Anda dapat memeriksa tautan ini.

RUNKEEPER

Runkeeper – Menu Utama (Sumber: Dok. Pribadi)

Runkeeper merupakan salah satu aplikasi jogging kekinian yang menyediakan pilihan beragam olahraga dalam mode GPS atau stopwatch. Selain memiliki tampilan cerah, aplikasi ini juga membebaskan pengguna untuk menyetel tujuan, mengikuti pelatihan lari untuk lomba, hingga berpartisipasi dalam challenge rutin yang tersedia.

Fitur unggulan yang dimiliki Runkeeper adalah sarana untuk mencari kelompok lari sesuai dengan keinginan jumlah anggota, frekuensi latihan, hingga durasi lari. Fitur ini terhubung dengan kontak ponsel maupun Facebook sehingga Anda dapat turut menyebarkan semangat berolahraga kepada lingkungan terdekat.

Hingga saat ini, aplikasi yang telah diunduh sebanyak lebih dari 10 juta kali ini juga memiliki keanggotaan Premium berbayar untuk pengguna yang ingin memperoleh manfaat lebih. Untuk mencoba aplikasi, Anda dapat memeriksa tautan ini.

ZOMBIES, RUN!

Zombies, Run! – Fitur Utama (Sumber: Google Play Store)

Jika mencari aplikasi jogging kekinian berkonsep unik, Anda mungkin akan jatuh hati dengan Zombies, Run!. Aplikasi bertema zombie ini memotivasi pengguna untuk terus berlari seolah menghindari serangan zombie. Bahkan aplikasi menyediakan cerita atau story line yang menarik dibaca serta dikemas dalam fitur pendukung kegiatan lari seperti musik, GPS, dan durasi.

Aplikasi berlatar warna merah dan hitam ini telah rilis pada tahun 2015. Sebagai pengguna, Anda akan berlari untuk menjalankan ratusan misi yang tersedia. Pengguna juga akan mendapati beragam ikon dan istilah menarik selama menjalankan misi, misalnya incoming transmission atau audio berupa penanda misi selesai.

Perlu diketahui bahwa setiap misi lari akan mengusung cerita dan subtema yang berbeda. Untuk segera menikmati misi lari dengan level maupun meraih achievement pribadi, Anda dapat mengunduh aplikasi lewat tautan ini.

RUN WITH MapMyRun

Run with MapMyRun – Fitur Statistik (Sumber: Google Play Store)

MapMyRun merupakan suatu platform dengan berbagai aplikasi untuk beragam olahraga yang berbeda, misalnya lari, jalan kaki, bersepeda, dan fitness. Untuk kebutuhan jogging, Anda pun dapat memanfaatkan aplikasi Run With MapMyRun.

Tidak hanya memfasilitasi kegiatan lari lewat fitur perhitungan jarak, durasi, dan ruite, aplikasi ini juga memiliki fitur jejaring antar anggota. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membagikan statistik lari mereka kepada teman dalam kanal berita sebagai pencapaian yang membanggakan. Selain itu, aplikasi dapat terhubung dengan jenis sepatu sehingga dapat memberi saran teknik lari yang paling tepat untuk pengguna.

Selain itu, aplikasi ini memiliki keunggulan berupa analisis rinci dalam setiap jarak tempuh lari, detail perubahan kecepatan, hingga performa keseluruhan seorang pengguna. Data ini ditampilkan dalam bentuk grafik yang mudah dipahami sehingga memudahkan evaluasi lari. Adapun aplikasi unduhan dapat dijumpai melalui tautan ini.

STRAVA: TRACK RUNNING, CYCLING & SWIMMING

Strava – Menu Explore (Sumber: Dok. Pribadi)

Sesuai dengan judul aplikasi, Strava berfokus membantu pengguna dalam olahraga lari, bersepeda, dan berenang. Aplikasi ini tergolong kekinian karena menawarkan fitur menu utama sebuah Feed untuk menampikan aktivitas teman yang difollow atau diikuti.

Pengguna pun dapat membagikan aktivitas layaknya media sosial, seperti statistik aktivitas lari, postingan tulisan, dan foto bebas. Uniknya, aplikasi ini juga memiliki menu Explore untuk menampilkan klub olahraga terdekat, tempat atau spot alam rekomendasi untuk melakukan olahraga, hingga tantangan olahraga dengan pencapaian tertentu.

Dalam menjalankan aplikasi, pengguna pun dibebaskan menggambar rute yang akan ditempuh sehingga saat berlari hanya tinggal mengikuti petunjuk GPS. Untuk memperoleh statistik olahraga, terdapat fitur keanggotaan Premium yang dapat dicoba. Aplikasi yang sudah dicoba oleh 200 juta orang ini dapat diunduh melalui tautan ini.

ADIDAS RUNNING APP BY RUNTASTIC – RUNNING TRACKER

Adidas App Running – Menu News Feed (Sumber: Google Play Store)

Aplikasi yang dipelopori oleh salah satu brand olahraga terbaik yaitu Adidas ini bernama Adidas Running App by Runtastic. Saat pertama kali, pengguna akan menjumpai tampilan layar yang sederhana, fresh, namun tetap elegan dengan fitur yang memikat hati. Hal ini tercermin pada gambar di atas untuk menu news feed atau kanal berita seputar baik dari teman maupun konten resmi Adidas.

Fitur utama aplikasi terdiri atas perekaman aktivitas lari untuk data kalori terbuang, jarak, durasi, dan kecepatan rata-rata. Namun suatu fitur yang menarik disini adalah keberadaan lock atau kunci layar secara otomatis sehingga pencatatan data lari tidak akan mudah tertekan untuk berhenti secara tidak sengaja.

Seusai berlari, aplikasi juga memfasilitasi pengguna untuk mengunggah foto, menampilkan emotikon untuk penanda suasana, menambahkan catatan, hingga menuliskan sepatu Adidas yang sedang digunakan. Terdapat pula program perencanaan lari dalam periode tertentu yang juga diikuti oleh ratusan ribu pengguna lain. Aplikasi ini dapat diunduh pada tautan ini.

Dengan kehadiran berbagai aplikasi kekinian di atas, Anda dapat memilih mana yang paling baik sesuai selera dan sesuai dengan kebutuhan jogging. Selamat berolahraga, ya!