7 Aplikasi Xiaomi Terbaik yang Juga Bisa Dicoba di Brand Smartphone Android Lainnya

Berapa banyak aplikasi yang terpasang di smartphone Anda? Banyaknya opsi aplikasi yang tersedia di Playstore sering kali membuat Anda bingung memilihnya. Akibatnya, banyak aplikasi yang tidak terpakai di smartphone dan hanya menghabiskan memori smartphone.

Habisnya memori smartphone tentunya akan merugikan diri sendiri karena Anda akan kesulitan menyimpan berbagai file, baik berupa dokumen, foto, maupun video. Oleh sebab itulah Anda perlu jeli ketika memilih aplikasi yang tepat, salah satunya bisa memilih aplikasi Xiaomi.

Meskipun menggandeng nama Xiaomi, aplikasi Xiaomi ini juga bisa Anda unduh di smartphone Android dari brand lainnya, lho! Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi Xiaomi terbaik yang bisa Anda coba:

Look Up

Look Up adalah salah satu aplikasi Xiaomi terbaik yang siap membantu Anda untuk mencatat berbagai kata yang diterjemahkan melalui aplikasi ini maupun Google. Sampai sekarang, Look Up mampu menerjemahkan lebih dari 90 bahasa lho yang berarti siap membantu Anda untuk mempelajari berbagai bahasa!

Tentunya masih banyak keunggulan yang ditawarkan Look Up, seperti mampu menerjemahkan berbagai kata secara offline dan hanya dalam hitungan detik. Anda pun bisa menandai hasil terjemahan dengan ikon bintang sehingga mudah ditemukan di kemudian hari. 

Semua kata yang sudah diterjemahkan pun secara otomatis akan tersimpan dan bisa Anda cari melalui fitur Recents. Aplikasi ini juga menyediakan fitur Dark Mode sehingga akan membuat Anda nyaman untuk menggunakannya di segala kesempatan, baik saat malam hari sekalipun.

Kabar baiknya, aplikasi yang sudah diunduh lebih dari ratusan ribu kali ini menawarkan semua fiturnya secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh Look Up kapan saja secara gratis hanya di sini.

Google Find My Device

Apakah Anda pernah kehilangan smartphone karena lupa menaruh atau diambil orang? Tenang saja, smartphone yang hilang bisa kembali berkat bantuan Google Find My Device kok!

Aplikasi besutan Google ini memang didesain untuk melacak lokasi smartphone Anda yang hilang melalui berbagai fitur super canggih. Meskipun Google Map sudah dinonaktifkan oleh pencuri, Anda bisa melihat lokasi terakhir dari smartphone tersebut melalui aplikasi ini.

Smartphone Anda tetap akan bersuara meskipun Anda mengaktifkan mode getar sebelum hilang. Selain itu, aplikasi ini secara otomatis akan menghapus data pribadi ketika Anda melaporkan jika smartphone hilang.

Menariknya lagi, semua fitur yang ditawarkan Google Find My Device ini gratis, lho! Anda bisa mengunduh Google Find My Device kapan saja secara gratis hanya di sini.

SD Maid – System Cleaning

Smartphone sering tiba-tiba lemot tanpa penyebab yang pasti? Bisa jadi hal tersebut menandakan jika memori smartphone sudah mulai penuh karena berbagai aplikasi yang Anda pasang, lho!

Untuk meminimalisir insiden ini, Anda perlu membersihkan memori smartphone secara berkala menggunakan SD Maid. Aplikasi pembersih bawaan Xiaomi ini mampu membersihkan memori smartphone dalam hitungan menit sehingga tidak akan mengganggu aktivitas Anda sama sekali. 

Selain membersihkan aplikasi, SD Maid juga akan membersihkan sisa-sisa download dari berbagai websites yang pernah Anda akses sebelumnya. SD Maid akan menampilan detail dari aplikasi sehingga Anda bisa tahu aplikasi mana yang sekiranya mengganggu dan bisa dihapus apabila memang tidak diperlukan lagi.

Kabar baiknya, semua fitur yang ditawarkan SD Maid ini bisa Anda akses secara gratis tanpa syarat sama sekali, lho! Anda bisa mengunduh SD Maid kapan saja secara gratis hanya di sini.

Race.io

Siapa bilang aplikasi Xiaomi terbaik harus selalu tentang produktivitas? Anda juga bisa bersantai bersama smartphone kesayangan dengan memainkan game terbaik seperti Race.io, lho!

Sama seperti namanya, Race.io adalah salah satu game online terbaik yang cocok untuk Anda penggemar game balapan. Tampilannya yang interaktif inilah yang membuatnya aman dimainkan oleh siapa saja, termasuk anak kecil sekalipun karena game ini tidak mengandung kekerasan sama sekali.

Justru sebaliknya, Race.io dilengkapi dengan beragam fitur menarik seperti fitur Matchmaking, di mana Anda akan melawan pemain lainnya yang levelnya setara. Ada pula fitur Leaderboard, i mana nama Anda akan tercantum sebagai salah satu pemain terbaik ketika berhasil memecahkan berbagai rekor yang ada. 

Rintangannya yang ekstrim inilah yang membuat para pemain Race.io kecanduan memainkan game ini dalam durasi lama. Anda bisa mengunduh Race.io kapan saja secara gratis hanya di sini.

Calculator Vault: App Hider – Hide Apps

Calculator Vault adalah aplikasi tepat untuk Anda yang ingin menyembunyikan aplikasi tertentu di smartphone sehingga pribadi pun bisa lebih terjaga. Bukan hanya menyembunyikan aplikasi Anda dalam bentuk kalkulator, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan password yang dengan kata lain hanya bisa dibuka oleh Anda sebagai pemiliknya. 

Selain menyembunyikan aplikasi, Anda bisa menggunakan Calculator Vault ini untuk menyembunyikan data lainnya yang berupa foto maupun video pribadi. Aplikasi ini juga tidak membutuhkan root sama sekali sehingga aman dipasang pada berbagai seri smartphone – dengan data pribadi yang selalu aman dari tangan iseng.

Menyembunyikan gambar melalui Calculator Vault pun terbilang mudah karena Anda hanya perlu membuat folder baru dan mengubah pengaturannya menjadi personal. Anda pun bisa membuat folder pribadi sebanyak apapun tanpa dikenai biaya sama sekali!

Anda bisa mengunduh Calculator Vault kapan saja secara gratis hanya di sini.

Color Note Notepad Notes

Dari namanya saja sudah ketahuan jika aplikasi ini siap membantu Anda untuk mencatat berbagai hal penting pada notes berwarna-warni. Anda pun bisa mencatat berbagai hal pada aplikasi ini, baik pengingat agenda penting ataupun daftar belanjaan supaya tidak ada lagi barang yang terlupa untuk dibeli. 

Selain itu, Anda bisa menentukan sendiri lokasi dari note-nya, misalnya saja ingin diletakkan di halaman utama supaya tidak lupa lagi tentang agenda apa saja yang harus dilakukan dalam sehari. Menariknya lagi, Color Note sudah dilengkapi dengan password sehingga data pribadi Anda tetap aman dan tidak akan ada yang bisa mengaksesnya tanpa seijin pemiliknya.

Kabar baiknya, semua fitur yang ditawarkan Color Note ini bisa Anda akses secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh Color Note kapan saja secara gratis hanya di sini.

Theme Editor for EMUI

Bosan dengan tema smartphone yang monoton? Tenang saja, ada Theme Editor for EMUI yang menyediakan ratusan tema secara gratis untuk smartphone kesayangan Anda, kok!

Menariknya lagi, Anda bisa mengedit lagi tema yang tersedia dan disesuaikan dengan selera pribadi. Misalnya saja Anda bisa mengubah jenis font, ukuran, warna, serta gambar background. Bukan hanya itu, Anda bisa memilih sendiri ikon yang akan digunakan dan pastinya tidak akan ada pengguna Android yang menyamai tema buatan Anda! 

Kabar baiknya, mengakses aplikasi ini tidak dibutuhkan root sama sekali sehingga membuat smartphone Anda tetap aman. Anda bisa mengunduh Theme Editor for EMUI kapan saja secara gratis hanya di sini.   

Pastinya sudah tidak ada alasan lagi jika smartphone cepat penuh akibat terlalu banyak memasang aplikasi, kan? So, tunggu apalagi untuk memasang aplikasi Xiaomi pilihan Anda di smartphone kesayangan?