Aplikasi Supaya HP Tidak Lemot

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

HP saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan primer yang keberadaannya sangat penting bagi setiap orang. Fungsi HP juga saat ini lebih dari sekedar sarana telekomunikasi atau bertukar informasi saja. Melainkan sudah merambah fungsi yang lain seperti sarana hiburan, bisnis, rekreasi dan lain-lain.

Oleh karena fungsinya yang teramat sangat banyak, seringkali HP menjadi lemot atau tidak lagi bekerja sesuai dengan kecepatan yang seharusnya. Hal ini tentu saja membuat setiap pengguna menjadi tidak nyaman. Seringkali juga fungsi HP yang bekerja kurang maksimal ini membuat aktivitas lainnya menjadi terhambat.

Mungkin anda berpikir untuk membeli HP baru, akan tetapi masih belum punya cukup dana untuk hal tersebut. Di sisi lain, mungkin anda juga berpikir bahwa HP yang dimiliki masih cukup layak untuk digunakan. Sayang jika harus segera diganti dengan yang baru.

Nah, kami punya solusi untuk permasalahan anda. Dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini, kecepatan HP anda bisa meningkat serta setiap fungsi yang berjalan tidak akan lagi lemot. Simak beberapa cara berikut ini.

Kenali HP Terlebih Dahulu

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Sebelum melakukan penginstalan beberapa aplikasi yang bisa menambah kecepatan pada HP anda, coba kenali dulu perangkat telekomunikasi yang anda miliki. Kenali performa dari handphone yang anda miliki. Mulai dari memori yang tersedia, versi android dan berbagai hal lainnya.

Perbarui Sistem Operasi

Salah satu kemungkinan yang membuat handphone tidak berjalan maksimal yaitu sistem operasi yang belum diperbarui. Biasanya pembaruan sistem operasi ditujukan untuk menghilangkan bug dan berbagai macam permasalahan yang sebelumnya ada di dalam handphone anda.  Coba perbarui sistem operasi anda terlebih dahulu.

Hapus Aplikasi Tidak Diperlukan

Apabila di dalam HP anda terinstall banyak aplikasi, hal ini bisa membuat performa HP menurun. Anda harus mengahpus beberapa di antaranya untuk memastikan bahwa ada ruang kosong di dalam HP anda serta tidak ada aplikasi yang berjalan di belakang dan membuat sistem jadi lebih lambat dari biasanya. Pastikan bahwa Anda hanya menyisakan aplikasi yang memang benar-benar Anda butuhkan di HP.

Ganti Kartu Memori

Photo by Silvie Lindemann from Pexels

Gantilah kartu memori yang Anda gunakan dengan kartu memori yang memiliki kapasitas lebih besar serta memiliki kecepatan yang lebih bisa diandalkan dibandingkan dengan kartu memori milik anda yang sebelumnya. Hapus beberapa dokumen yang tidak diperlukan jika memang dibutuhkan. Usahakan, Anda hanya menyimpan dokumen-dokumen penting saja dalam perangkat anda agar performa tetap bisa maksimal.

Gunakan Aplikasi Tambahan

Jika cara-cara sebelumnya sudah anda lakukan, tetapi performa HP tak lagi kembali berjalan lebih maksimal, Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk meningkatkan performa HP Anda. Beberapa palikasi berikut ini dapat meningkatkan performa dari HP dengan cara menghapus beberapa file yang tidak digunakan, sampah, dan menambah kecepatan dari HP.

Super Toolbox

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja dari HP yaitu Super Toolbox. Super Toolbox dibuat untuk menghapus file-file sampah, membebaskan memori, menghemat daya dan beberapa fitur lainnya. Hal-hal ini bisa membantu mempercepat kinerja HP Anda.

Lepaskan memori yang tidak perlu dengan satu ketukan untuk mempercepat ponsel Anda. Fitur menghapus memori dirancang untuk secara otomatis menutup aplikasi latar belakang secara teratur untuk menjaga ponsel Anda pada performa terbaik.

Bersihkan semua jenis file sampah di ponsel Anda seperti proses, cache, file sementara, file tetap setelah instalasi, file kosong, catatan clipboard, dan file besar. Anda juga bisa melakukan deteksi status WiFi Anda untuk memastikan keamanan online. Deteksi dan hentikan WiFi publik berisiko atau hotspot phishing untuk melindungi privasi dan properti pribadi Anda.

Deteksi status daya secara real time dan tunjukkan sisa waktu penggunaan. Beberapa mode hemat daya bawaan untuk pilihan Anda untuk memperpanjang waktu siaga. Fitur pengaturan file manager memungkinkan Anda untuk mengelola arsip yang disimpan pada kartu SD eksternal berdasarkan kategori atau direktori, sehingga Anda dapat mengetahui file yang memakan ruang paling banyak dan menghapusnya agar lebih banyak ruang kosong. [Download Super Toolbox]

Booster

Booster merupakan aplikasi yang memberikan penawaran untuk meningkatkan performa posel. Anda dapat mengendalikan manajemen aplikasi serta melakukan pembersihan memori dari data sampah yang sudah tak dibutuhkan lagi.

Fitur yang disediakan oleh Booster ini di antaranya yaitu membersihkan file sampah. Berbagai macam cache yang telah Anda gunakan serta tersimpan dalam riwayat Anda bisa dihapuskan menggunakan aplikasi ini. Cek performa dari HP secara menyeluruh ke berbagai bagian dan penyimpanan. Dalam satu sentuhan, performa perangkat akan ditingkatkan.

Anda juga dapat membuat sebuah ‘daftar putih’ untuk aplikasi-aplikasi yang paling sering digunakan. Sehingga aplikasi tersebut aman dari saran penghapusan. Ruang dalam HP anda bisa lebih luang dengan menghapus beberapa aplikasi yang sangat jarang digunakan.

Tampilan UI terbaru sangat ramah untuk berbagai kalangan pengguna. Tampilan ini cukup sederhana dan sangat mudah digunakan. Bahkan aplikasi ini bisa bekerja dalam versi android yang tidak terlalu tinggi.

Aplikasi ini telah diinstal lebih dari 10.000.000 pengguna di seluruh dunia. Rating dari para pengguna juga cukup memuaskan di angka 4,6. [Download Booster]

AVG Cleaner

AVG Cleaner dapat membuat HP android yang anda miliki bekerja lebih cepat. Aplikasi ini bisa membebaskan ruang penyimpanan ponsel anda lebih baik dari sebelumnya. Dengan menggunakan AVG Cleaner, Anda dapat menikmati beberapa keuntungan seperti  daya tahan baterai lebih lama, HP tidak lagging dari perangkat Android, menghapus file sampah, dan otomatis menemukan foto berkualitas rendah atau foto yang terdapat duplikat di dalam aplikasi anda.

Apakah ada aplikasi bloatware prainstalasi yang tidak diperlukan? Aplikasi ini dapat menghalangi aplikasi-aplikasi prainstalasi tersebut memperlambat perangkat. AVG Cleaner akan melakuikan identifikasi aplikasi yang memakan baterai, menguras data seluler, atau menggunakan terlalu banyak ruang. Sehingga memungkinkan Anda membersihkan file yang tidak berguna dengan mudah dan cepat.

Fitur penganalisis foto tersedia juga dalam AVG Cleaner. Fitur ini dapat melakukan pengoptimalan galeri foto cepat dan mudah. Aplikasi ini dapat menemukan foto berkualitas rendah atau foto duplikat dengan cepat. Fitur ‘usap ke kiri untuk menghapus, usap ke kanan untuk menyimpan’ membantu memutuskan mana foto yang disimpan dan mana yang dihapus setelah teridentifikasi

AVG Cleaner juga memberikan fasilitas penghemat daya dengan cara hibernasi aplikasi dan pengoptimalan baterai. Hibernasi aplikasi ini yaitu dengan memasukkan aplikasi ke dalam hibernasi membantu memperpanjang daya tahan baterai dan membuat perangkat tetap bekerja cepat untuk waktu lebih lama. Anda dapat memilih satu di antara profil “Baterai Lemah”, “Rumah”, “Tempat Kerja”, dan “Mobil”, atau atur sendiri agar penggunaan baterainya otomatis disesuaikan mengikuti keinginan.

AVG Cleaner ini menggunakan izin Aksesibilitas untuk membantu penyandang disabilitas dan pengguna lainnya menghentikan semua aplikasi latar belakang cukup dengan sekali ketuk. Lebih dari 50.000.000 pengguna telah menginstall aplikasi ini. Aplikasi ini telah memperoleh rating sebesar 4,6 dari para pengguna. [Download AVG Cleaner]

Itulah tadi beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi performa HP yang lemot. Selamat mencoba! (AF)