Aplikasi untuk Buat Flowchart di Android

Photo by Christina Morillo from Pexels

Flowchart atau yang biasa disebut juga sebagai diagram alir, merupakan salah satu komponen penting sebelum memulai sebuah pekerjaan. Flowchart ini menunjukkan skema tahapan-tahapan dari sebuah algoritma atau logika berpikir dari seseorang atau suatu sistem. Flowchart dapat memudahkan setiap pekerjaan yang akan dilakukan.

Memang tak banyak yang mengetahui tentang Flowchart ini. Akan tetapi para engineer, programmer dan para pembuat sistem yang lainnya pasti sudah sering berkutat dengan flowchart sebelum membuat rancangan dan prototype. Jika biasanya flowchart dibuat menggunakan computer, ternyata flowchart juga bisa dibuat menggunakan smartphone anda.

Membuat flowchart seringkali menjadi PR tersendiri. Namun jika dikerjakan menggunakan smartphone akan cenderung lebih mudah dan bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja. Dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini, membuat flowchart akan menjadi lebih cepat dan menyenangkan. Yuk, simak aplikasi apa saja yang bisa digunakan di smartphone android anda.

Lekh Diagram

Lekh Diagram merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat flowchart. Dengan menggunakan aplikasi ini memungkinkan anda untuk membuat berbagai macam bentuk flowchart dari jari tangan anda saja. Tidak perlu menggunakan stylus lagi untuk menghubungkan satu bentuk ke bentuk yang lainnya.

Berbagai macam flowchart, diagram, struktur organisasi, alur bisnis, semuanya bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi Lekh Diagram ini. Teknologi dari Lekh Diagram dapat mengenali setiap bentuk yang anda buat dengan tepat sehingga bisa diubah menjadi lebih indah. Anda juga bisa menghapus garis atau bentuk yang tidak dibutuhkan dengan cara yang mudah.

Pilihan penggantian warna dan ukuran juga telah tersedia dalam aplikasi ini. Bentuk-bentuk bangun datar yang telah dibuat juga bisa diduplikasi. Sehingga anda tak perlu membuat format yang sama kembali.

Selanjutnya, hasil flowchart yang sudah dibuat bisa disimpan ke dalam berbagai macam format penyimpanan seperti JPG, PNG, SVG dan LEKH. Berbagai jenis media penyimpanan juga bisa anda akses secara langsung, di antaranya seperti DropBox, email dan lain-lain. [Download Lekh Diagram]

Flowdia Diagrams Lite

Flowdia Diagrams Lite merupakan aplikasi yang cocok untuk membuat flowchart dan diagram selayaknya seorang professional. Selain itu, anda bisa membuat berbagai macam sistem alir kerja, jaringan CISCO hingga mind mapping hanya dengan menggunakan aplikasi ini. Flowdia Diagram Lite diciptakan secara khusus sebagai tempat menuangkan ide anda.

Aplikasi ini memiliki tampilan UI yang sederhana serta sangat mudah digunakan. Anda bisa membuat sebuah diagram dengan mudah hanya dengan menarik garis dan menekan beberapa tombol fitur yang terdapat pada pilihan aplikasi tersebut. Selain itu, anda juga bisa menggeser subtopic yang telah ditambahkan, meski memang bisa muncul secara otomatis ke posisi tersebut.

Aplikasi Flowdia Diagrams Lite telah diunduh lebih dari 500.000 kali. Aplikasi ini kompatibel dengan android versi 4.1 ke atas. Jika anda membutuhkan aplikasi dengan fitur yang lebih lengkap, anda bisa mengunduh aplikasi Flowdia Diagram. [Download Flowdia Diagrams Lite]

KnowledgeBase Builder Free

KnowledgeBase Builder Free merupakan aplikasi selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk membuat flowchart dan berbagai macam bentuk diagram. KnowledgeBase Builder adalah salah satu aplikasi terbaik untuk membuat manajemen pengetahuan. Anda dapat menyimpan dokumen teks dan halaman web dengan semua format dan tautan di basis pengetahuan Anda dan melakukan pencarian teks lengkap di dalamnya.

Hal ini bisa dilakukan karena setiap dokumen bisa dilampirkan ke dalam flowchart sebagai catatan teks. Anda dapat mengaturnya dengan sempurna dalam sebuah flowchart atau mind mapping yang besar. Midnmap yang telah dibuat dapat dengan mudah ditelusuri berdasarkan keyword yang diberikan atau juga kalimat pendukung yang berkaitan. Hal ini bisa terintegrasi dengan baik karena aplikasi ini memiliki database local, SQLite.

Beberapa fitur luar biasa lainnya yang tersedia di dalam aplikasi ini seperti pembuatan mindmap secara otomatis dari bentuk dokumen ke bentuk teks, pengimporan artikel dari Wikipedia dan tweet Twitter ke dalam mindmap Anda dan berbagai macam fitur lainnya. Anda bahkan dapat mengekspor basis pengetahuan Anda sebagai dokumen html yang diformat.

KnowledgeBase Builder juga merupakan alat flowchart yang terkenal. Anda dapat membuat diagram alur secara manual atau membuatnya secara otomatis dari kode pseudo. Dalam versi gratis, pengguna dibatasi untuk mengakses keseluruhan fitur dari KnowledgeBase Builder ini. Versi berbayar memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh fitur yang tersedia serta menghilangkan iklan yang muncul. [Download KnowledgeBase]

DrawExpress Diagram Lite

Aplikasi lain yang bisa digunakan untuk membuat flowchart dengan cara yang sangat mudah. Anda tak perlu susah mencari stylus untuk membuat flowchart. Anda hanya perlu menggunakan jari tangan untuk membuat flowchart.

DrawExpress merupakan sebuah aplikasi diagram yang dapat mengenali gestur tangan (bentuk) dengan sangat cepat. Dengan DrawExpress, Anda dapat menggambar diagram dan diagram alur (flowchart) dengan cara yang cukup sederhana dan intuitif. Anda dapat merasakan kemudahan menggunakan aplikasi ini seperti memakai pena di atas kertas.

Apabila Anda bekerja dalam desain perangkat lunak (software), finansial, bisnis, hukum, atau membutuhkannya untuk keperluan sekolah, DrawExpress adalah solusi tepat untuk kebutuhan berbagai macam diagram Anda. Anda dapat mencoba terlebih dahulu menggunakan DrawExpress Diagram Lite sebelum membeli versi berbayar.

Jika Anda masih ragu, apakah mungkin menggambar sebuah flowchart dengan mudah? Cobalah aplikasi ini terlebih dahulu dan Anda akan menemukan jawabannya. Hasil yang telah Anda buat dari DrawExpress dapat diekspor ke format PNG, SVG, dan DE (DrawExpress). Selain itu, Anda juga bisa membagikannya melalui Dropbox, atau menggunakan email.

DrawExpress Diagram Lite bisa digunakan dengan mudah. Informasi lebih lanjut dan tutorial penggunaan bisa dicek ke www.drawexpress.com. Ukuran aplikasi ini tidak terlalu besar, hanya 11M. DrawExpress Diagram Lite sangat kompatibel dengan android versi 4.1 ke atas. [Download DrawExpress Diagram Lite]

LucidChart

LucidChart bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi yang khusus melayani flowchart. Anda bisa membuat atau membuka file flowchart yang telah tersimpan menggunakan aplikasi ini. Bahkan hasil dari Microsoft Visio bida Anda impor dengan mudah ke smartphone Anda melalui aplikasi ini.

LucidChart memiliki penyimpanan berbasis Cloud sehingga tidak membuat memori penyimpanan internal HP Anda terlalu penuh. Selain itu, dengan menggunakan sistem penyimpanan ini, Anda tak perlu ragu file Anda akan hilang sewaktu-waktu. Dan juga aplikasi ini bisa diintegrasikan ke berbagai perangkat android milik Anda selama masih terhubung dalam satu akun yang sama.

Hasil flowchart yang telah dibuat bisa langsung disimpan ke berbagai format seperti JPG, PNG, PDF dan lain-lain. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 500.000 orang. LucidChart kompatibel dengan android versi 6.0 ke atas. [Download LucidChart]

Demikian tadi beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengerjakan tugas membuat flowchart. Selamat bekerja! (AF)