Aplikasi untuk Edit Foto Jadi Video di Android

Photo by Plann from Pexels

Dewasa ini tren pengambilan foto semakin meningkat setiap saat. Hampir setiap momen yang ada harus diabadikan dalam bentuk foto. Bahkan dalam satu momen bisa dilakukan pengambilan fofo berkali-kali.

Membagikan foto di sosial media adalah hal yang wajib setelahnya. Jika jumlah foto yang dimiliki cukup banyak dan banyak pula jumlah foto yang ingin dibagikan, tentu bisa memenuhi media sosial milik Anda. Oleh sebab itu, salah satu alternatif cara yang bisa dilakukan yaitu menggabungkan beberapa foto dalam satu video.

Dengan membuat video dari penggabungan foto tersebut, Anda bisa membagikan beberapa momen sekaligus serta membuat setiap momen lebih berkesan. Tak hanya membagikan momen saja, jika Anda memiliki bisnis jual beli barang juga bisa melakukan promosi menggunakan media penggabungan foto dalam bentuk video ini. Apalagi ditambah dengan musik dan efek akan membuat video yang dibuat semakin menarik.

Kini, membuat video dari penggabungan foto bukan lagi hal yang sulit. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat video dari gabungan beberapa foto di smartphone android.

InShot

InShot merupakan aplikasi editing foto yang bisa Anda gunakan untuk membuat video dari penggabungan beberapa foto. Di dalam aplikasi ini telah terdapat banyak fitur untuk membuat video yang bisa Anda gunakan. Di antaranya yaitu adanya filter, efek transisi serta berbagai fitur tambahan lainnya.

Dengan menggunakan InShot, Anda bisa menambahkan backsound atau musik latar belakang pada video yang sedang dibuat. Musik ini bisa didapatkan secara default dari aplikasi ini atau mengambil dari penyimpanan. Sehingga video yang dibuat bisa lebih menarik.

Dengan menggunakan InShot, Anda bisa menambahkan berbagai macam stiker dan tulisan yang menarik serta menyesuaikan dengan media yang akan Anda bagikan video seperti WhatsApp, Instagram, Insta Story dan lain-lain. Bahkan Anda bisa mengubah rotasi arah video yang dibuat.

Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100.000.000 pengguna di seluruh dunia. Rating dari aplikasi ini juga cukup tinggi yaitu 4,6. InShot kompatibel dengan berbagai jenis android versi 5.0 ke atas. [Download InShot]

FilmoraGo

FilmoraGo ini bisa dibilang sebagai aplikasi editing video terbaik yang ada di smartphone android. Dengan menggunaka aplikasi editing FilmoraGo, Anda bisa menjadi layaknya seorang editor professional. Anda dapat memilih beberapa foto yang cocok dan menggabungkan foto-foto tersebut dalam satu video.

Berbagai macam fitur editing sederhana telah tersedia dalam aplikasi ini. Beberapa fungsi tersebut di antaranya yaitu memotong, menambah music latar hingga mengubah rasio video. Sehingga Anda bisa menyesuaikan resolusi sesuai tujuan membagikan video, seperti rasio 1 : 1 di Instagram, resolusi full screen untuk Insta Story, Status WhatsApp dan lain-lain.

Fitur lain yang bisa Anda tambahkan di antaranya yaitu membuat video bergerak lambat, efek transisi pergantian gambra, membuat video terbalik, menambahkan teks dan lain-lain. FilmoraGo dapat diunduh secara gratis dengan adanya penambahan watermark “FilmoraGo” pada bagian akhir video yang telah dibuat. Apabila Anda ingin menghilangkan hal ini, Anda bisa mengaktifkan fitur berbayar. [Download FilmoraGo]

PicsArt

PicsArt adalah salah satu aplikasi edit foto yang cukup terkenal. Di dalam aplikasi ini telah terdapat berbagai macam fitur editing untuk sebuah foto. Anda dapat melakukan sebuah perubahan dari foto yang biasa-biasa saja menjadi lebih berkesan. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa membuat foto-foto yang telah Anda edit berubah menjadi sebuah video.

Dalam PicsArt tersedia berbagai macam fasilitas seperti pemberian frame, baik dengan menggunakan beberapa template frame yang tersedia atau juga Anda bisa menggunakan frame yang dicapatkan dari luar. Berbagai macam filter, efek serta fitur edit yang sederhana juga telah tersedia. Anda bisa menambahkan music latar sebagai pemanis pada video yang Anda buat.

PicsArt menyediakan lebih dari 5000 fitur editing yang bisa Anda tambahkan dengan mudah pada foto yang sedang dibuat. Resolusi yang berbeda-beda juga tersedia di dalam aplikasi ini, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

PicsArt tersedia dalam versi gratis. Akan tetapi untuk fitur editing video mengharuskan Anda untuk mengaktifkan fitur berbayar yang tersedia dan menjadi pelanggan Gold. PicsArt telah diunduh lebih dari 500.000.000 pengguna serta telah kompatibel dengan berbagai macam versi android yang Anda miliki. [Download PicsArt]

Google Foto

Google Foto adalah layanan penyimpanan foto dan video gratis tanpa batas yang berputar keluar dari Google+. Aplikasi ini merupakan bentuk evolusi dari Picasa. Foto Google juga terintegrasi dengan Google Drive.

Foto hingga 16 megapiksel dan video hingga resolusi 1080p dapat diunggah ke Foto Google secara gratis. Namun, foto dan video berkualitas lebih tinggi menggunakan penyimpanan Google Drive Anda. Setelah foto diunggah, Google memungkinkan pengguna untuk mencari orang, tempat, tanggal dan subjek foto mereka. Misalnya, Anda dapat mencari “pantai di Florida” dan akan menemukan foto yang relevan dengan permintaan itu.

Saat Anda mengetuk ikon Pensil dari foto, aplikasi masuk ke mode edit. Dari sana, Anda dapat menyesuaikan efek Cahaya, Warna, Pop dan Vignette. Google Foto juga memiliki filter, krop, dan alat rotasi. Fitur lain yang bermanfaat adalah bahwa Foto Google memungkinkan Anda meninjau setiap pengambilan foto saat Anda mengunggah foto dalam mode burst. Foto dapat dikembalikan ke keadaan semula jika Anda memutuskan nanti bahwa Anda tidak menyukai hasil edit.

Google Foto kompatibel dengan berbagai jenis perangkat android milik Anda, serta telah diunduh lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia. [Download Google Foto]

Magisto

Aplikasi selanjutnya yang bisa anda gunakan yaitu Magisto. Magisto adlah aplikasi edit video yang tersedia di Android maupun iOS. Aplikasi ini telah dilengkapi dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang memungkinkan anda untuk mengubah-ubah video anda hingga menggabungkan beberapa foto dalam bentuk video.

Dengan adanya teknologi AI, aplikasi ini telah mampu mengedit video anda secara otomatis. Dengan fitur ini, tenu saja bisa menghasilkan video lebih cepat dari seharusnya serta anda bisa memanfaatkan waktu yang anda miliki untuk melakukan hal-hal yang lain. Aplikasi ini tersedia secara gratis, namun bila membutuhkan jumlah penggunaan yang cukup tinggi maka anda harus membayar dan berlangganan aplikasi ini setiap hari. Bila ingin terus menikmati versi gratis, akan lebih baik bila hanya digunakan secara harian.

Magisto Video Editor – Slideshow Musik, Kolase & Pembuat Film menggunakan teknologi Kecerdasan Buatan canggih untuk menemukan bagian terbaik dari rekaman Anda. Ini menerapkan teknik pengeditan video termasuk stabilisasi, deteksi objek, filter dan efek. Hasilnya adalah video yang memukau yang mengungguli tayangan slide rata-rata atau kolase video.[Download Magisto]

Itulah tadi beberapa aplikasi edit video yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan beberapa foto dalam bentuk video. Selamat mencoba!