Aplikasi untuk Hitung Kalori di Android

Image by Steve Buissinne from Pixabay

Kalori adalah sejumlah energy yang dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa tetap melakukan berbagai macam aktifitas sehari-hari dengan maksimal. Berbagai macam makanan yang dikonsumsi tubuh bisa menjadi sumber kalori yang nantinya akan diserap oleh tubuh. Makanan ini akan digunakan sebagai bahan bakar oleh tubuh.

Jumlah kalori yang dibutuhkan oleh setiap orang juga berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin dan jumlah aktifitas. Apabila memiliki aktifitas yang cukup padat dan banyak namun asupan kalori tubuh cenderung kurang, tubuh bisa merasa lemas. Sedangkan jika aktifitas tidak terlalu padat tetapi memiliki asupan kalori berlebih, hal ini bisa membuat Anda kelebihan berat badan karena kalori terus disimpan oleh tubuh dalam bentuk yang lain. Salah satunya yaitu lemak pada tubuh.

Image by 5132824 from Pixabay

Oleh sebab itu Anda harus memahami kebutuhan tubuh Anda seperti apa. Apakah dengan jumlah kalori tinggi, sedang atau rendah? Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan jumlah aktifitas dan bentuk tubuh saat ini. Bila perlu, Anda juga harus bisa menghitung jumlah kalori harian Anda dengan tepat.

Tak perlu bingung bagaimana cara menghitungnya, smartphone Anda telah menyediakan fasilitas tersebut. Anda bisa menambahkan makanan yang Anda konsumsi dalam sebuah daftar khusus setiap saat serta mereka akan menghitungnya untuk Anda. Berikut ini beberapa aplikasi penghitung kalori di smartphone android yang wajib menemani keseharian Anda.

FatSecret Calorie Counter

FatSecret Calorie Counter adalah aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk menghitung kalori tubuh Anda. Aplikasi ini bisa dibilang sebagai salah satu aplikasi dengan fitur diet terlengkap yang ada di PlayStore. Anda juga bisa berbagi berbagai macam pengalaman diet kepada para pengguna aplikasi yang lainnya.

Aplikasi denga logo berwarna hijau ini, memiliki proses login yang cukup mudah. Di awal aplikasi, Anda sudah disuguhkan dengan fitur data terbaru berat badan, tinggi badan serta program yang ingin dilakukan, antara menurunkan atau menaikkan berat badan. Selanjutnya, Anda bisa menentukan program ini akan dijalankan selama berapa lama. Dengan jumlah aktifitas yang Anda lakukan, FatSecret bisa menentukan jumlah kalori harian yang Anda butuhkan.

Setiap hari Anda bisa memasukkan data makanan yang dikonsumsi. Bahkan, aplikasi ini juga sudah menyediakan berbagai macam menu makanan Indonesia. Sehingga Anda tak perlu khawatir makanan yang Anda konsumsi tidak tersedia. Setiap makanan akan ditunjukkan jumlah kalori serta berbagai macam kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

FatSecret Calorie Counter tak hanya berfungsi untuk menghitung kebutuhan kalori harian Anda, melainkan juga bisa menjadi asisten diet pribadi Anda. Fitur lain yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi ini yaitu adanya kalender diet, kebutuhan minum sehari-hari, tips makanan yang harus dikonsumsi setiap harinya dan lain-lain.

FatSecret Calorie Counter bisa diunduh secara gratis di PlayStore. Namun, versi gratis ini memiliki beberapa fitur terbatas. Jika ingin mengaktifkan fitur tersebut, maka Anda harus berlangganan.  [Download FatSecret Calorie Counter]

Lose It!

Aplikasi penghitung kalori selanjutnya yang tersedia untuk smartphone android yaitu Lose It!. Aplikasi ini merupakan salah satu teman diet yang paling multifungsi. Berbagai macam fitur unggulan bisa Anda dapatkan di aplikasi ini.

Lose It! Bisa menyimpan track record makanan yang Anda konsumsi sehari-hari dengan mudah. Anda bisa mempelajari kandungan gizi setiap makanan yang dikonsumsi dengan cara yang praktis. Jika ada makanan baru yang Anda konsumsi dan ingin tahu kandungan gizi di dalam makanan tersebut, Anda bisa scan barcode atau mengambil gambar makanan tersebut dan biarkan teknologi Lose It menyelesaikannya untuk Anda.

Hanya perlu menentukan tujuan untuk menurunkan atau menaikkan berat badan, Lose It akan membuat jadwal secara rinci untuk kebutuhan makanan sehari-hari Anda.  Melalui aplikasi ini juga telah tersedia fitur jadwal minum dan kebutuhan minum air putih dalam waktu sehari. Sehingga Anda bisa memenuhi kebutuhan minum air putih dengan fitur pengingat dalam aplikasi ini.

Lose It menyediakan versi gratis dan berbayar. Semakin mudah karena aplikasi ini bisa terintegrasi dengan berbagai macam perangkat elektronik Anda seperti smartphone dan smartwatch. Serta bisa terhubung ke aplikasi kesehatan Anda seperti Google Fits yang merekam segalam macam aktifitas sehari-hari Anda. [Download Lose It!]

Lifesum

Lifesum merupakan aplikasi yang cukup terkenal. Aplikasi ini cukup digemari karena terdapat fitur yang menyediakan berbagai macam jenis diet yang ingin Anda lakukan. Anda bisa memilih program diet yang cocok dan Lifesum akan membuat daftar makanan yang Anda butuhkan.

Berbagai macam diet populer tersedia dalam aplikasi ini. Di antaranya seperti, diet Keto, low carb, 5:2, protein tinggi dan berbagai macam jenis diet yang lainnya. Tersedia 7 hingga 21 hari rencana makan yang bisa Anda buat dengan menggunakan Lifesum ini.

Setiap makanan disertai dengan resep yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Sehingga Anda bisa memastikan bahwa makanan itu lezat, bersih dan tetap sehat. Tak hanya itu saja, setiap menu akan disertai dengan info nutrisi.

Aplikasi ini sudah terintegrasi dengan Google Fit, sehingga aplikasi ini bisa memantau secara otomatis mulai dari aktifitas harian hingga jumlah kalori yang dikeluarkan oleh tubuh dalam satu hari. Lifesum adalah langkah praktis untuk memperoleh hidup yang lebih sehat dengan pemantau makanan, olahraga, dan air minum setiap harinya. [Download Lifesum]

MyFitnessPal

MyFitnessPal meneydiakan aplikasi hitung kalori untuk melengkapi varian kesehatan yang tersedia. MyFitnessPal menyediakan lebih dari 5juta varian menu serta informasi mengenai kandungan nutrisis setiap makanan. Sehingga Anda bisa memperoleh informasi tentang makanan Anda dengan cara yang sangat mudah.

Anda tak perlu menghitung jumlah kalori tiap makanan serta porsinya dengan cara yang rumit. Aplikasi ini siap melakukan hal tersebut untuk Anda. Terlebih lagi, makanan yang sudah pernah masuk dalam daftar makanan yang pernah Anda konsumsi, bisa tersimpan dalam daftar makanan dan Anda bisa memasukkannya lagi di hari yang lain ketika memakannya.

Aplikasi ini telah terintegrasi ke lebih dari 350 aplikasi lain yang Anda unduh di smartphone android Anda. Sehingga MyFitnessPal bisa memantau berbagai macam aktifitas harian, kebiasaan serta jumlah kalori yang seharusnya Anda konsumsi dalam sehari. Anda juga bisa memasukkan catatan harian konsumsi air putih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi ini menyediakan fitur berbagi kegiatan sehari-hari dalam forum komunitas. Anda juga bisa membandingkan perubahan bentuk tubuh dalam fitur pengambilan gambar yang tersedia. [Download MyFitnessPal]

Nah, itulah tadi beberapa aplikasi di smartphone android yang bisa menjadi asisten pribadi Anda untuk mencatat kalori harian serta bisa digunakan untuk menemani diet menaikkan atau menurunkan berat badan Anda. Cukupi kebutuhan kalori harian Anda serta lakukan olahraga secara rutin untuk memperoleh hasil tubuh yang sehat dengan maksimal. Tubuh yang sehat bisa membawa hati dan pikiran yang lebih sehat juga. Selamat mencoba! (AF)