Aplikasi untuk Online Class di Android

Image by 5132824 from Pixabay

Sistem pendidikan yang semula dilangsungkan dengan cara bertatap muka, kini berubah dengan cara lain yang bisa dilakukan tanpa bertemu secara langsung. Sistem ini memanfaatkan jaringan telekomunikasi dan internet untuk tetap bisa saling terhubung satu sama lain. Tenaga pendidik berada di rumah begitu juga dengan para peserta didik yang berada di rumah saja.

Bagi anda para penyelenggara pendidikan, berhubung sebagian daerah di Indonesia ini masih masuk dalam zona merah dan masih belum boleh menyelenggarakan pendidikan secara langsung, kami punya solusi untuk anda. Anda bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di PlayStore untuk bisa melakukan pendidikan jarak jauh menggunakan smartphone android. Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan online class di android.

Google Classroom

Aplikasi besutan Google ini memiliki tujuan pembuatan sesuai dengan namanya yang bisa digunakan sebagai kelas, Google Classroom. Makna kelas di sini tentu saja bukanlah kelas yang sebenarnya. Melainkan kelas maya yang hanya bisa diakses dengan jaringan internet saja. Aplikasi ini sudah diciptakan sejak tahun 2014, dan mulai tersedia di PlayStore pada Januari 2015.

Dengan menggunakan Google Classroom, guru maupun siswa bisa berbagi pertanyaan maupun jawaban dengan cara yang cukup mudah. Penjelasan guru secara langsung juga bisa disampaikan melaluti aplikasi ini. Para guru bisa membagikan pertanyaan dan tugas melalui satu aplikasi ini saja.

Google Classroom telah terintegrasi dengan berbagai aplikasi Google yang lainnya. Untuk melakukan panggilan video atau video conference bisa menggunakan Google Meet, berbagi dokumen bisa menggunakan Google Docs dan melakukan penyimpanan data yang besar di dalam Google Drive. Serta berbagai macam aplikasi lainnya sudah diintegrasikan dengan Google Classroom ini.

Penggunaan Google Classroom sangat mudah. Guru bertugas membuat Classroom ini, dan kemudian siswa yang memperoleh link dari guru bisa membuka kanal Classroom tersebut. [Download Google Classroom]

Duolingo

Duolingo merupakan aplikasi yang tepat jika Anda ingin belajar berbagai bahasa secara daring. Belajar bahasa baru memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi dengan segala tekat yang kuat dan Duolingo, hal ini tentu bisa menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Sistem yang diterapkan oleh Duolingo ini yaitu dengan menerapkan sistem permainan. Permainan di mulai dari label dasar. Selayaknya permainan pada umumnya, setiap level permainan bertambah maka akan semakin sulit juga. Hal ini bisa menambah kemampuan kosakata dan tata bahasa Anda.

Anda juga bisa membuat tujuan harian. Setiap pencapaian yang didapatkan dalam satu hari, Anda bisa memperoleh penghargaan atas hal tersebut yaitu berupa XP. Semakin banyak XP yang diperoleh, semakin banyak cerita yang bisa terbuka dan bisa and abaca.

Telah terdapat lebih dari 30 macam bahasa dalam aplikasi ini. Mulai dari Bahasa Inggris, Jepang, hingga Mandarin telah tersedia. Juga terdapat diskusi forum dalam aplikasi ini sehingga jika Anda menemui permasalahan atau hanya sekedar ingin membagi cerita Anda kepada orang lain, maka Anda bisa menggunakan forum diskusi ini. Untuk para pengguna berlangganan mendapat berbagai macam fitur yang menarik, namun versi gratis juga sudah cukup interaktif. [Download Duolingo]

Photomath

Sesuai namanya, Photomath merupakan aplikasi yang bisa menyelesaikan permasalahan matematika melalui foto. Aplikasi ini sangat sesuai bagi yang ingin belajar matematika dengan mudah melalui berbagai macam soal disertai dengan jawaban yang mudah dimengerti. Cara menggunakannya juga cukup sederhana yaitu dengan mengambil foto dan melakukan proses penyelesaiannya.

Photomath menggunakan teknologi OCR untuk bisa mendeteksi fungsi yang tertulis dalam persoalan matematika Anda. Aplikasi ini akan memberikan langkah-langkah penyelesaian dari soal matematika yang diberikan. Memang sebelum ini cukup sulit untuk menemukan aplikasi semacam ini yang bisa membantu menemukan jawaban beserta tahap-tahap penyelesaian.

Aplikasi ini bisa mengenali tulisan tangan maupun dalam bentuk print/cetak. Dalam versi gratis, bisa memberikan fitur-fitur dasar. Apabila permasalahan matematika Anda cukup kompleks, lebih baik gunakan versi pro dan Anda akan mendapatkan jawaban sekaligus langkah menyelesaikan.

Keunggulan lain yang dimiliki aplikasi ini yaitu Anda bisa mengaksesnya tanpa menggunakan koneksi internet, telah tersedia kalkulator ilmiah, juga terdapat beberapa alternatif penyelesaian soal. Sehingga bisa terdapat beberapa cara untuk menyelesaikan satu soal matematika. Tampilan aplikasi Photomath ini sangat interaktif dan mudah dipahami. [Download Photomath]

SoloLearn

Apakah Anda menyukai coding dan bahasa pemrograman? Ingin belajar tapi seringkali tak punya waktu luang? SoloLearn adalah solusi permasalahan Anda.

Di era digitalisasi yang kian hari semakin meningkat ini, mempelajari bahasa pemrograman menjadi salah satu yang tak boleh terlewatkan. Membuat aplikasi, website, database dan lain-lain membutuhkan kemampuan pemrograman yang cukup mumpuni. Walau sudah terdapat banyak cara yang tersebar luas di internet, cobalah aplikasi SoloLearn untuk melakukan pembelajaran secara bertahap mulai dari dasar.

SoloLearn telah hadir sejak tahun 2013. SoloLearn merupakan aplikasi yang tepat untuk belajar berbagai macam bahasa pemrograman. Anda bisa mempelajari beberapa bahasa pemrograman seperti JavaScript, Python, C++, HTML, Ruby, NodeJS, CSS, Swift dan PHP. Selain itu, Anda juga bisa mempelajari materi lain yang berkaitan seperti machine learning dan juga data science.

Dalam satu aplikasi termasuk memiliki fitur yang lengkap. Aplikasi ini juga menyediakan Code Playground guna menjalankan dan mencoba compile code yang sudah Anda buat. Coba SoloLearn sekarang secara gratis untuk bersiap masuk ke era digitalisasi. [Download SoloLearn]

Remind

Di era sekolah dari rumah yang saat ini masih belum diperbolehkan memasukkan siswa ke sekolah untuk sebagian daerah, membuat setiap praktisi pendidikan terus memutar otak untuk mencari cara pembelajaran yang tepat. Sistem belajar pun dikembangkan. Mulai dari belajar dengan kelompok kecil hingga kelompok besar.

Belajar dalam sebuah kelompok besar memang lebih menyeluruh namun terkadang pemahaman siswa kurang maksimal dengan cara ini. Belajar dalam kelompok kecil bisa lebih efektif.

Remind adalah jawaban utama untuk masalah ini. Remind memudahkan kita untuk tetap terhubung dengan komunitas sekolah kita. Selain siswa, komunitas ini juga termasuk guru dan orang tua.

Setelah Anda bergabung dengan komunitas sekolah ini menggunakan kode sekolah atau kelas yang unik, Anda akan menerima pembaruan rutin tentang kegiatan kelas Anda. Anda juga dapat menggunakan Ingatkan untuk mengirim pesan ke seluruh kelas, berbagi foto dan selebaran, menyerahkan tugas, dan menghapus keraguan dengan teman-teman Anda, baik secara individu maupun secara kolaboratif.

Terdapat fitur pesan singkat yang bisa memudahkan Anda untuk bercakap-cakap satu sama lain. Fitur pengingat untuk tiap waktu belajar dan notifikasi setiap ada pembaruan juga tersedia. Tak hanya itu saja, telah tersedia lebih dari 70 bahasa yang bisa digunakan dengan aplikasi ini. [Download Remind]

Demikian tadi beberapa aplikasi untuk online class di smartphone android. Dengan alternatif beberapa aplikasi tersebut, sistem pembelajaran tetap bisa terlaksana meski tetap menjaga diri di rumah di masa pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir ini. Selamat belajar! (AF)