Aplikasi untuk Persentasi di Android

Photo by fauxels from Pexels

Persentasi merupakan salah satu media untuk menyampaikan hasil riset, penelitian, pembelajaran atau juga untuk menyampaikan sebuah informasi. Semua hal yang akan disampaikan harus mudah dimengerti dan mudah dipahami oleh setiap orang yang menerima informasi tersebut. Sehingga tampilan persentasi harus jelas, padat, menarik dan informatif.

Ada banyak hal yang membuat persentasi menjadi lebih bermakna untuk setiap orang. Setiap komponen harus dipersiapkan, mulai dari sang presenter hingga konten yang akan disampaikan. Oleh sebab itu, penyampaian persentasi harus bisa tersampaikan dengan jelas agar tidak mengecewakan setiap orang yang terlibat di dalamnya.

Memang pada umumnya kita sudah mengenal cara persentasi dengan menggunakan PC atau laptop. Tapi, jika tidak ada kedua benda itu lantas apa yang harus dilakukan? Tenang, kini Anda sudah bisa menampilkan file persentasi melalui smartphone Anda.

Nah, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan file persentasi dari smartphone android Anda.

PowerPoint for Android

Apabila Anda sudah terbiasa menggunakan Microsoft Power Point, maka Anda tak akan lagi asing dengan aplikasi ini. Karena aplikasi ini merupakan bentuk Microsoft PowerPoint yang bisa diakses melalui android. Dapat dilihat dari banyaknya jumlah pengguna Microsoft di seluruh dunia, maka tidak dapat dipungkiri bahwa penggemar aplikasi ini cukup banyak.

Terdapat dua pilihan yang bisa Anda gunakan untuk menginstall aplikasi PowerPoint for Android ini, yaitu dengan menginstal aplikasi Microsoft secara bundle atau dengan menggunakan aplikasi PowerPoint saja secara terpisah. Untuk aplikasi Microsoft bundling, Anda bisa memperoleh seluruh fasilitas pengolah dokumen yang dimiliki Microsoft seperti PowerPoint, Word, Excel dan lain-lain. Tetapi jika penyimpanan Anda rendah dan Anda hanya membutuhkan sebuah aplikasi untuk melakukan persentasi, maka akan lebih baik jika Anda menginstal PowerPoint saja.

Dalam aplikasi ini juga sudah disediakan fasilitas untuk memasukkan data, membuat grafik, hingga menambah transisi atau animasi dalam persentasi. Aplikasi ini berbasis cloud sehingga anda tidak perlu khawatir untuk besarnya ukuran file yang anda buat. Selain itu, aplikasi ini juga telah terintegrasi dengan berbagai cara penyimpanan seperti Google Drive, DropBox, OneDrive, dan SharePoint.

Aplikasi ini telah didownload lebih dari 1.000.000.000 kali. PowerPoint for Android kompatibel dengan android versi 6.0 ke atas. Aplikasi ini menyediakan fitur berbayar dan gratis. Serta tersedia percobaan versi premium selama 7 hari. [Download PowerPoint for Android]

Google Slide

Google Slides adalah aplikasi terbitan Google khusus untuk menangani masalah persentasi. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sangat kompatibel dengan android. Dengan menggunakan Google Slides, tentu anda juga akan terhubung dengan berbagai aplikasi besutan Google yang lainnya.

Anda bisa mengakses file persentasi yang tersimpan di Google Drive dan langsung mengeditnya di aplikasi Google Slides ini. Anda juga bisa langsung menyimpan file yang sudah diedit tadi ke dalam Google Drive lagi, ke penyimpnanan internal atau membagikannya ke orang lain melalui aplikasi lain.

Hampir seluruh fungsi bisa dijalankan dengan menggunakan aplikasi Google Slide ini. Kelebihan lain yang dimiliki Google Slide yaitu tetap bisa digunakan meski sedang offline serta tidak terhubung ke jaringan walau kurang maksimal tentunya. Tampilannya yang cukup sederhana akan memudahkan anda untuk mengoperasikan Google Slide ini.

Google sebenarnya menyediakan aplikasi bundle yang dapat digunakan untuk mengolah segala macam dokumen. Namun, jika memang anda hanya membutuhkan aplikasi untuk edit persentasi saja maka tidak masalah jika anda mengunduh Google Slides saja.  Google Slides cukup bagus sebagai pilihan melihat dan edit file persentasi melalui perangkat android. [Download Google Slides]

Polaris Office

Polaris Office adalah aplikasi selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk edit file persentasi. Polaris Office juga hadir dengan berbagai macam fungsi pengolahan dokumen. Fasilitas membuka file PDF dengan menggunakan aplikasi ini juga cukup terjamin dan nyaman untuk dilihat di smartphone.

Polaris Office hadir dengan fitur yang bisa digunakan untuk edit file persentasi. Tak hanya itu saja, anda juga bisa menuliskan berbagai notes dengan tulisan tangan, mengamankan dokumen dengan passcode serta membagikan file yang sudah anda buat. Sehingga anda juga bisa dengan mudah membagikan file anda dengan rekan yang lain.

Aplikasi ini cukup ramah di smartphone meski masih banyak iklan yang muncul dalam versi gratis. Hanya saja, jika memang anda tak ingin membayar sama sekali maka kehadiran berbagai iklan akan terus bermunculan namun hal itu masih bisa membuat setiap pengguna merasa nyaman menggunakan aplikasi ini. Dengan menggunakan satu aplikasi saja, Anda telah mendapatkan keuntungan berbagai macam fitur yang ditawarkan tak hanya untuk persentasi saja. [Download Polaris Office]

OfficeSuite

OfficeSuite merupakan sebuah paket aplikasi pengolahan data seperti beberapa aplikasi sebelumnya. Bila hanya membutuhkan aplikasi yang digunakan untuk melakukan proses editing pada file persentasi, OfficeSuite bisa memberikan anda beberapa aplikasi lain lebih dari sekedar tujuan tadi saja.

Performa kerja OfficeSuite sudah tidak diragukan lagi. Tampilan antar muka aplikasi ini cukup jelas dan tidak muncul masalah apapun meski layar smartphone anda tidak terlalu besar. OfficeSuite menyediakan berbagai fitur tambahan untuk edit file persentasi anda dengan tambahan berbagai animasi dan transisi yang membuat tampilan persentasi semakin menarik.

Anda tak perlu khawatir meski smartphone yang anda gunakan masih mengusung teknologi yang lama karena OfficeSuite sudah kompatibel dengan Android Marshmallow. OfficeSuite sudah terintegrasi dengan berbagai media penyimpanan seperti Google Drive, Amazon Cloud Drive, OneDrive dan Dropbox. OfficeSuite telah tersedia dalam 56 bahasa serta bisa diunduh secara gratis. [Download OfficeSuite]

WPS Office + PDF

WPS Office merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai fasilitas untuk mengolah dokumen. Aplikasi ini termasuk salah satu pengolah dokumen yang tertua. Mulai dari PowerPoint hingga PDF bisa dikerjakan melalui aplikasi ini. Begitu pula dengan masalah edit persentasi anda.

Dengan menggunakan WPS Office ini, anda dapat mengedit file persentasi anda dengan cepat dan mudah. Memang dengan aplikasi ini di android fitur yang tersedia tidak selengkap versi desktop. Namun jika edit persentasi yang anda lakukan cukup sederhana, WPS Office dipastikan masih bisa menangani hal tersebut.

WPS Office mendukung adanya printing wireless. Sehingga bila anda juga memerlukan file persentasi dalam bentuk cetak, dapat memilih untuk menggunakan WPS Office ini. Selain itu, penggunaannya di android juga sudah terjamin kualitasnya.

WPS Office tersedia versi gratis dan berbayar. Tersedia fasilitas percobaan fitur premium selama 7 hari dan gratis. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1.000.000 pengguna. Ukuran file bervariasi di setiap perangkat smartphone serta kompatibel dengan android versi 5.0 ke atas. [Download WPS Office + PDF]

Itulah tadi beberapa aplikasi di android yang bisa Anda gunakan untuk persentasi. Selamat mencoba! (AF)