App Untuk Orang Buta di Android

Ada banyak aplikasi di Android saat ini yang bisa kita nikmati kapan saja dan dimana saja. Selain menghibur, munculnya aplikasi-aplikasi ini juga bisa mempermudah kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari, membantu dalam bekerja dan bahkan untuk belajar.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknolgi, kini aplikasi di Android juga tersedia untuk penyandang tunanetra. Tentunya dengan kemunculan aplikasi ini diharapkan agar bisa membantu penyandang tunanetra. Ini dia 9 aplikasi di Android untuk penyandang tunanetra:

ScanLife Barcode & QR Reader

Dengan hadirnya aplikasi ini tentu akan sangat memudahkan Anda dalam membaca barcode dan mengidentifikasi produk-produk tertentu. Aplikasi cerdas ini juga sudah di download oleh banyak pengguna karena memang sangat membantu dalam memberikan informasi tambahan untuk suatu produk seperti ulasan dan juga harga.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi ini Anda akan mendapatkan informasi seputar diskon dari berbagai toko baik dalam dan juga luar negeri. Untuk Anda yang biasanya membaca ulasan terlebih dahulu sebelum berbelanja, bisa juga menggunakan aplikasi ini. [Download di sini]

Magnify

Dengan adanya aplikasi Magnify pastinya Anda tidak perlu kebingungan lagi jika membaca kalimat yang kurang besar seperti di kemasan makanan atau minuman. Karena Magnify merupakan sebuah aplikasi yang bisa membantu Anda agar bisa melihat lebih baik lagi hanya dengan bantuan smartphone dan aplikasi ini.

Tidak hanya untuk Anda yang memiliki mata minus, penyandang tunanetra dan yang malas menggunakan kacamata bisa menggunakan aplikasi ini. Agar aplikasi bisa bekerja dengan baik maka Anda perlu memfokuskan tulisan dengan lensa kamera. Magnify juga mendukung gerakan dasar pada layar smartphone misalnya saja dengan mengetuk dua kali untuk memperbesar atau memperkecil, satu kali ketuk untuk fokus dan tekan layar dengan sedikit lama agar bisa menyalakan atau mematikan lampu. [Download di sini]

MessagEase Keyboard

Ingin mengetik teks secara cepat dan juga jelas di smartphone? Gunakan saja MessagEase Keyboard. Selama ini mungkin Anda merasa kesulitan saat mengetik teks pada smartphone karena harus membutuhkan dua tangan jika ingin mengetik cepat. Tapi dengan aplikasi ini, hanya dengan satu tangan atau satu jari, mengetik bisa jadi lebih cepat dan jelas.

Tentunya aplikasi ini juga sangat mudah untuk digunakan sehingga bisa mengurangi kesalahan saat mengetik. MessagEase Keyboard memiliki ukuran huruf yang lebih besar sehingga Anda bisa dengan mudah melihatnya.

Aplikasi ini sangat disarankan untuk Anda yang memiliki gangguan pengelihatan seperti sulit melihat layar smartphone dengan jelas ataupun sulit mengetik karena ukuran huruf yang terlalu kecil. Hanya dengan aplikasi MessagEase Keyboard, mengetik bukan lagi kegiatan yang merepotkan. [Download di sini]

KNFB Reader

Aplikasi ini akan sangat membantu Anda karena bisa mengubah tulisan baik dari buku, kemasan ataupun yang lainnya menjadi suara atau huruf braille. Bukan hanya sekedar mengubah tulisan dengan asal-asalan, karena hasilnya akurat. Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk melihat hasilnya, karena dengan cepat berbagai tulisan akan diubah menjadi suara atau braille.

Cara penggunaannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menyorot tulisan yang ingin diubah. Dan tulisan bisa segera Anda dengarkan. Anda bisa menggunakan aplikasi ini kapan saja dan dimana saja agar bisa menjalani aktivitas dengan lebih mudah. [Download di sini]

TapTapSee

Aplikasi ini dirancang khusus untuk memudahkan penyandang tunanetra dalam mengambil foto ataupun video. TapTapSee menggunakan kamera dan juga fungsi dari VoiceOver, sehingga ketika Anda mengambil foto atau video hasilnya akan sangat baik dan tidak mengecewakan.

Anda hanya perlu mengetuk dua kali di sisi kanan layar untuk mengambil foto. Sedangkan untuk mengambil video, ketuk dua kali di sisi kiri layar. Hanya dengan hitungan detik, TapTapSee bisa dengan akurat mengidentifikasi objek dua dimensi atau tiga dimensi. [Download di sini]

Color ID

Untuk penyandang tunanetra atau buta warna, tentu akan sulit melihat warna dengan jelas. Tapi dengan bantuan dari aplikasi Color ID, Anda bisa dengan mudah mengetahui warna apa saja. Hanya dengan bantuan smartphone, Anda sudah bisa mengetahui warna lewat suara yang keluar dari aplikasi ini.

Tidak hanya warna dasar saja yang bisa di identifikasi karena berbagai warna pun bisa Anda ketahui dengan jelas. Gunakan aplikasi ini setiap kali bekerja, belajar atau bahkan beraktivitas setiap harinya. Sekarang Anda bisa mengetahui warna dengan mudah dan menyenangkan dengan Color ID. [Download di sini]

Be My Eyes

Aplikasi ini juga sangat membantu orang-orang yang memiliki masalah dalam pengelihatan. Sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini dan mereka merasa sangat terbantu. Kerjasama yang baik dari komunitas penyandang tunanetra dan juga relawan yang ada di seluruh dunia berhasil menghadirkan Be My Eyes.

Aplikasi ini menggabungkan konektivitas dan juga teknologi sehingga bisa menjadi mata untuk orang-orang yang memiliki masalah dalam pengelihatan. Dengan video call para relawan akan siap membantu Anda untuk melakukan aktivitas sehari-harinya seperti memindahkan barang, mencocokkan warna hingga menyiapkan makan malam. [Download di sini]

Otter Voice Meeting

Pernahkah saat melakukan meeting Anda terlalu fokus mendengarkan pembicaraan sehingga lupa mencatat hal-hal penting? atau saat meeting terlalu sibuk mencatat hal-hal penting sehingga Anda pun tertinggal mendengarkan pembicaraan? Jika iya, cobalah menggunakan aplikasi Android Otter Voice Meeting.

Yang bisa merekam pembahasan saat meeting berlangsung. Pastinya aplikasi ini akan sangat memudahkan Anda agar tetap fokus pada meeting yang sedang berlangsung. Gunakan Otter Voice Meeting saat meeting kerja, sekolah, kuliah dan lainnya.

Selain itu ada berbagai fungsi lain dari aplikasi ini seperti membuat catatan meeting secara otomatis, membagikan notulen rapat dengan rekan-rekan rapat Anda, bisa untuk mengedit catatan rapat, merekam suara dan juga memberikan kemudahan untuk penyandang tunanetra, tuli dan orang yang membutuhkan kemudahan aksesibilitas. [Download di sini]

Find Near Me

Kini Anda tidak perlu repot-repot dan kebingungan lagi untuk mencari ATM terdekat, salon, cafe, rumah sakit, hotel dan lainnya. Karena dengan aplikasi Find Near Me, Anda bisa dengan mudah menemukan lokasi tempat terdekat yang Anda inginkan.

Aplikasi ini juga sangat lengkap memberikan informasi untuk Anda seperti ulasan, peringkat, alamat, nomor telepon, situs web, harga dan bahkan jam kerja. Anda hanya perlu memilih tempat yang diinginkan, setelah itu Anda bisa mengetahui tempat tujuan mana yang paling dekat dengan lokasi Anda berada.

Hanya saja aplikasi ini masih menggunakan keakuratan data dari Google Maps, sehingga untuk update terbaru pun masih dibantu oleh Google Maps. Yang serunya lagi dari aplikasi ini, Anda bisa membagikan lokasi ke teman-teman yang ada di media sosial.

Diatas adalah aplikasi yang sangat membantu penyandang tunanetra dan gangguan pengelihatan lainnya agar aktivitas bisa berjalan dengan lebih lancar. Dari aplikasi diatas, manakah yang sudah pernah kamu coba? [Download di sini]