Contoh Penulisan Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Mengundurkan diri dari suatu pekerjaan atau jabatan adalah hal yang harus dipikirkan dengan baik dan matang, apapun alasan yang melatarbelakangi pengunduran diri kita. Setelah yakin bahwa kita memang siap untuk mengundurkan diri, alangkah baiknya apabila kita mempersiapkan surat pengunduran diri.

Surat pengunduran diri atau berhenti kerja, yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan “resignation letter”, adalah salah satu jenis surat resmi yang ditujukan kepada tempat kita bekerja yang isinya adalah tentang pengunduran diri kita dan alasan rinci yang menjadi latar belakang mengapa kita memilih untuk mengundurkan diri.

Contoh-Contoh Surat Pengunduran Diri Berbahasa Inggris (Examples of English Resignation Letters)

Gambar oleh Alvaro Serrano di Unsplash

Artikel ini akan membahas beberapa contoh surat pengunduran diri berbahasa Inggris yang telah disiapkan di bawah ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris 1

Dear Mr. Jacobs,

Through this letter I, Jonathan Williams, inform you that start from November 11, 2021, I will be stepping down from my position as the head of the publication team at Primrose Beauty and Style Magazine.

The reason for my resignation is because I have received a full scholarship from a university in Boston and I will continue my education until I get a master’s degree in communication science.

During the 2 years I worked at this magazine, I gained a lot of valuable work experience and knowledge. All these experiences made me grow to be a better person and professional at work.

I also met many good colleagues and from all of them, I learned about work and also about other interesting things that I had never known before. I sincerely thank you for all those experiences and friendships I have received.

During the transition period before I officially resign from my position at this magazine, I will complete the remainder of my work as the head of the publication team and assist with other work as needed. Therefore, I am happy to discuss about what kind of work I can help with.

Best regards, Jonathan Williams

(Kepada Tn. Jacobs,

Melalui surat ini saya, Jonathan Williams, memberitahukan kepada Anda bahwa mulai tanggal 11 November, 2021 saya akan mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai ketua tim publikasi di Majalah Kecantikan dan Gaya Primrose.

Alasan dari pengunduran diri saya adalah karena saya telah menerima beasiswa penuh dari salah satu universitas di Boston dan saya akan melanjutkan pendidikan saya hingga saya mendapatkan gelar master dalam ilmu komunikasi.

Selama 2 tahun saya bekerja di majalah ini, saya mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pengetahuan kerja yang berharga. Semua pengalaman ini membuat saya tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik dan profesional dalam pekerjaan.

Saya juga bertemu dengan banyak kolega yang baik dan dari mereka semua, saya banyak belajar tentang pekerjaan dan juga tentang hal-hal lain yang menarik yang saya belum pernah ketahui sebelumnya. Saya dengan tulus mengucapkan terima kasih untuk semua pengalaman dan persahabatan yang saya terima.

Selama periode transisi sebelum saya resmi mengundurkan diri dari jabatan saya di majalah ini, saya akan menyelesaikan sisa pekerjaan saya sebagai ketua tim publikasi dan membantu pekerjaan lain apabila diperlukan. Oleh karena itu, saya dengan senang hati mendiskusikan kira-kira pekerjaan seperti apa yang saya bisa bantu.

Salam hormat saya, Jonathan Williams)

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris 2

Dear Mrs. Grande,

First, I would like to apologize in advance to inform you of this by letter, but I would like to inform you that starting November 15, 2021, I will be resigning from my position as your secretary.

During the maternity leave period that was given to me, I tried to think carefully about what I wanted to do in the future after I gave birth to my son. After thinking properly and discussing this with my husband, I decided to leave my secretary position and focus on taking care of my son.

During approximately 3 and a half years serving as your secretary, you treated me very well and I gained a lot of knowledge while working with you. For all the experiences I have had until now, I thank you from the bottom of my heart. I hope we keep on good terms even though I no longer work with you.

If there is anything I can do for you during the transition, such as finding a new secretary candidate with good and professional experience, you may let me know any time. You can contact me through my mobile phone number you have with you, or through my e-mail address. I will be happy to meet you in person to provide all the information you need.

Warm regards to you, Vanessa Hart

(Kepada Ny. Grande,

Pertama-tama, saya ingin meminta maaf harus memberitahukan ini melalui surat, tetapi saya ingin memberitahukan kepada Anda bahwa mulai tanggal 15 November 2021, saya akan mengundurkan diri dari posisi saya sebagai sekretaris Anda.

Selama periode cuti hamil yang diberikan kepada saya, saya berusaha memikirkan dengan matang apa yang hendak saya lakukan ke depannya setelah saya melahirkan putra saya. Setelah memikirkan dengan benar dan mendiskusikan hal ini dengan suami saya, saya memutuskan untuk melepas jabatan sekretaris saya dan memfokuskan diri untuk merawat putra saya.

Selama kurang lebih 3 setengah tahun menjabat sebagai sekretaris Anda, Anda memperlakukan saya dengan sangat baik dan saya mendapatkan banyak sekali pengetahuan selama bekerja bersama Anda. Untuk semua pengalaman yang telah saya dapatkan selama ini, saya mengucapkan terima kasih dari lubuk hati saya yang paling dalam. Saya berharap kita tetap berhubungan baik walaupun saya tidak lagi bekerja bersama Anda.

Apabila ada yang dapat saya bantu selama masa transisi, seperti mencarikan kandidat sekretaris baru dengan pengalaman yang baik dan profesional, Anda dapat memberitahu saya kapan saja. Anda bisa menghubungi saya melalui nomor telepon genggam saya yang ada pada Anda, atau melalui alamat surel saya. Saya akan dengan senang bertemu Anda secara langsung untuk memberikan semua informasi yang Anda butuhkan.

Salam hangat untuk Anda, Vanessa Hart)

Demikian 2 contoh surat pengunduran diri menggunakan Bahasa Inggris.