Contoh Surat Pengunduran Diri Menggunakan Bahasa Inggris

Bekerja adalah salah satu yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan uang dan memenuhi hidupnya. Mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi dan kemampuan yang dikuasai adalah sesuatu yang menjadi idaman banyak sekali orang.

Namun, tidak jarang ada orang yang memilih untuk mengundurkan diri atau berhenti dari pekerjaan yang dijalaninya. Mengapa seseorang lebih memilih berhenti dari pekerjaannya, ketika sebuah pekerjaan menjadi salah satu hal yang krusial dan banyak orang yang rela mengantre untuk itu?

Ada banyak alasan atau faktor yang bisa jadi membuat seseorang lebih memilih mengundurkan diri dari jabatan dan pekerjaan yang diembannya, dan bisa jadi alasan tersebut merupakan sesuatu yang pribadi.

Ketika kita akan mengundurkan diri dari kantor tempat kita bekerja, kita harus membuat yang namanya surat pengunduran diri.

Surat pengunduran diri atau surat berhenti kerja (dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai resignation letter) adalah surat formal yang surat yang ditujukan kepada petinggi perusahaan atau kantor (bisa ke atasan secara langsung, manajer, kepala sekolah, atau bagian HRD) yang menyatakan bahwa kita akan mengundurkan diri dari jabatan kita di kantor tersebut.

Picture by Alina Blumberg on Pexels

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membuat surat pengunduran diri yang baik, antara lain:

  • Surat pengunduran diri tidak boleh ditulis secara mendadak. Berikan jangka waktu 2 minggu hingga 1 bulan sejak surat pengunduran diri ditulis dan dikirim.
  • Menyertakan alasan yang rinci namun tidak bertele-tele tentang mengapa kita mengundurkan diri.
  • Sertakan pernyataan bahwa kita akan membantu kantor atau perusahaan yang akan kita tinggalkan sebisa kita selama masa transisi sebelum kita resmi mengundurkan diri.
  • Mengucapkan terima kasih atas semua yang telah diraih selama kita bekerja di kantor atau perusahaan tersebut.
  • Jangan membandingkan perusahaan atau kantor yang akan kita tinggalkan dengan tempat baru yang akan kita masuki.
  • Berikan kesan yang baik dalam penulisan surat pengunduran diri, agar tidak terjadi salah paham dan agar tidak muncul kecurigaan akan adanya masalah antara kita dengan atasan, atau dengan rekan kerja.

Baiklah, teman-teman, sekarang melalui artikel ini kita akan mempelajari beberapa contoh surat pengunduran diri menggunakan Bahasa Inggris.

Contoh Surat Pengunduran Diri 1    

Catherine Newark

178 Peterson Street

Trenton, New Jersey 08601

609-989-2367

newarkcatherine89@trentonnet.com

August 6, 2021

Philip O’Connell

Principal of Trenton City Private Middle School

879 Columbus Avenue

Trenton, New Jersey 08601

Dear Mr. O’Connell,

Through this letter, I humbly request you to accept this letter as a notification that I will be resigning from my job as Biology teacher at this school. My resignation is effective as of August 18, 2021, 2 weeks since I wrote this letter.

You, other fellow teachers, as well as the staff at this school have created a very good and cooperative working environment, which made me very happy while working at this school. For all that you and this school have given me, I am very grateful and give thanks to God. I will definitely miss and remember all of you when I leave.

If there is anything that I can help during the transition period before I officially resign, such as finding a new teacher to replace me or completing the students’ monthly report, please let me know immediately.

My respects, Catherine Newark.

(Catherine Newark

Jalan Peterson No. 178

Trenton, New Jersey 08601

609-989-2367

newarkcatherine89@trentonnet.com

6 Agustus, 2021

Philip O’Connell

Kepala Sekolah SMP Swasta Kota Trenton

Jalan Raya Columbus No. 879

Trenton, New Jersey 08601

Tn. O’Connell yang terhormat,

Melalui surat ini, saya dengan rendah hati meminta kepada Anda agar menerima surat ini sebagai sebuah pemberitahuan bahwa saya akan mengundurkan diri dari pekerjaan saya sebagai guru Biologi di sekolah ini. Pengunduran diri saya terhitung mulai tanggal 18 Agustus 2021, 2 minggu sejak saya menulis surat ini.

Anda, para rekan guru yang lain, serta para pegawai di sekolah ini telah menciptakan lingkungan kerja yang sangat baik dan kooperatif, yang membuat saya sangat senang selama bekerja di sekolah ini. Untuk semua yang telah Anda dan sekolah ini berikan kepada saya, saya sangat berterima kasih dan mengucap syukur kepada Tuhan. Saya pasti akan merindukan dan mengingat Anda semua ketika saya pergi nanti.

Apabila ada yang dapat saya bantu selama masa transisi sebelum saya mengundurkan diri secara resmi, seperti mencarikan guru baru untuk menggantikan saya atau menyelesaikan laporan bulanan para siswa, tolong beritahukan saya segera.

Hormat saya, Catherine Newark.)

Contoh Surat Pengunduran Diri 2

Tobias Potter

60 Wisteria Street

Darlington, Sydney, NSW 2008

+61 2 9286

tobiaspotter99@darlingtonnet.co

6th of August, 2021

Wendy Marshall

Chief of HRD

Kendall-Mustang Company

456 Bavaria Avenue

Darlington, Sydney, NSW 2008

Dear Ms. Marshall,

I am very sorry to inform you through this letter that I will be resigning from my position as the accounting staff for Kendall-Mustang company. My resignation is officially effective 6th of September, 2021.

The reason I have to resign from this company is because I am going to work for a non-profit organisation located in Queensland and looking for something new for my career. Of course, I will miss working with this company.

Thank you very much for all the opportunities, guidance, support, and lessons you have given me during the 3 years I joined this company. I got a lot of good opportunities from you, the boss of this company, and all employees.

During the transition period before I resign, I will finish all the rest of my work and if there is something that I can help for this company, I will be happy to do so.

I wish all the best to you and this company. I hope this company remains the best. I hope to see you again or other colleagues in the future.

With the deepest respect, Tobias Potter.

(Tobias Potter

Jalan Wisteria No. 60

Darlington, Sydney, NSW 2008

+61 2 9286

tobiaspotter99@darlingtonnet.co

6 Agustus, 2021

Wendy Marshall

Kepala Bagian HRD

Perusahaan Kendall-Mustang

Jalan Raya Bavaria No. 456

Darlington, Sydney, NSW 2008

Yang terhormat Nn. Marshall,

Dengan sangat menyesal saya memberitahukan Anda lewat surat ini bahwa saya akan mengundurkan diri dari posisi saya sebagai staf akunting untuk perusahaan Kendall-Mustang. Pengunduran diri saya secara resmi terhitung mulai tanggal 6 September, 2021.

Alasan yang membuat saya harus mengundurkan diri dari perusahaan ini adalah karena saya akan bekerja untuk sebuah organisasi nirlaba yang berlokasi di Queensland dan dan mencari sesuatu yang baru bagi karir saya. Tentu saja, saya akan merindukan saat-saat bekerja dengan perusahaan ini.

Terima kasih banyak atas semua kesempatan, bimbingan, dan pelajaran yang Anda berikan selama 3 tahun saya bergabung ke dalam perusahaan ini. Saya mendapatkan banyak sekali kesempatan-kesempatan baik dari Anda, atasan perusahaan ini, dan semua pegawai yang ada.

Selama masa transisi sebelum saya mengundurkan diri, saya akan menyelesaikan semua sisa pekerjaan saya dan apabila ada sesuatu yang dapat saya bantu untuk perusahaan ini, saya akan dengan senang hati melakukannya.

Saya mendoakan agar semua yang baik tercurah kepada Anda dan perusahaan ini. Semoga perusahaan ini tetap menjadi yang terbaik. Saya berharap dapat bertemu lagi dengan Anda atau rekan-rekan yang lain di masa depan.

Dengan hormat yang terdalam, Tobias Potter.)

Contoh Surat Pengunduran Diri 3

Dear Mrs. Warwick,

My purpose in sending this letter to your desk is to inform you that  I will be leaving my position as the cashier at your restaurant. My resignation from your restaurant is effective August 30, 2021.

The reason I have to leave my position is because I am going to follow my husband move to Providence, Rhode Island on August 31, 2021.

I really appreciate everything you have given and taught me during my 4 and a half years working in your restaurant. I always enjoy coming to work everyday because the working environment is very supportive and fun. Really a nice experience to be a part of this restaurant crew. I will definitely miss you and all the other colleagues.

Since I still have work to do, I will be stay at the restaurant during the transition period. During this period, please let me know if I can help you with something restaurant-related.

Thank you very much for reading my letter and I wish you are always in good health.

Sincerely, Leah Dallas.

(Yang terhormat Ny. Warwick,

Tujuan saya mengirimkan surat ini ke meja Anda adalah untuk memberitahukan bahwa saya akan meninggalkan posisi saya sebagai kasir di restoran Anda. Pengunduran diri saya dari restoran Anda berlaku mulai tanggal 30 Agustus 2021.

Alasan yang membuat saya harus meninggalkan posisi saya adalah karena saya akan mengikuti suami saya pindah ke Providence, Rhode Island, pada tanggal 31 Agustus 2021.

Karena masih ada sisa pekerjaan yang harus saya selesaikan, saya akan tetap berada di restoran selama masa transisi. Selama masa ini, tolong beritahu saya apabila saya dapat membantu Anda dengan sesuatu yang berhubungan dengan restoran.

Terima kasih banyak telah membaca surat saya ini dan semoga Anda selalu dalam keadaan sehat.

Hormat saya, Leah Dallas.)

Contoh Surat Pengunduran Diri 4

Jerome Robins

65 Miller Street

Little Rock, Arkansas 72103

501-372-1356

jeromerobins40@littlerocknet.mail

August 6, 2021

Orlando Park

Head of Editorial

Auburn & Summer Magazine

211 Palmer Street

Little Rock, Arkansas 72103

Dear Mr. Park,

I hereby inform you that starting August 23, 2021, I will resign from my position as assistant junior editor at Auburn & Summer Magazine. I will work in this magazine until August 18, 2021.

The reason I am resigning from my position is because I will continue my education, where I will be taking a master’s degree in Literature at the University of Pitchburg.

Along with this letter, I would also like to thank you profusely for all the opportunities that you and this magazine have given me. During my 2 and a half years working in this magazine, I have learned many lessons and experiences. Through working with you and the entire crew of this magazine, I have learned valuable lessons about how the magazine industry moves, its developments over the years, and what kind of people work behind it. I am happy and proud to have been a part of it all.

If there is anything I can help with for this magazine, such as finding a replacement candidate who has good potential to fill my position in the future, please let me know as soon as possible.

Once again thank you for the valuable 2 and a half years and I hope that in the future we will continue to have a good professional relationship.

My deepest respect, Jerome Robins.

(Jerome Robins

Jalan Miller No. 65

Little Rock, Arkansas 72103

501-372-1356

jeromerobins40@littlerocknet.mail

6 Agustus, 2021

Orlando Park

Kepala Editorial

Majalah Auburn & Summer

Jalan Palmer No. 211

Little Rock, Arkansas 72103

Kepada Tn. Park yang terhormat,

Bersama surat ini saya memberitahukan bahwa terhitung mulai tanggal 23 Agustus 2021, saya akan mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai asisten junior editor dari Majalah Auburn & Summer. Saya akan bekerja di majalah ini hingga tanggal 18 Agustus 2021.

Alasan saya mengundurkan diri dari jabatan saya adalah karena saya akan melanjutkan pendidikan saya, dimana saya akan mengambil gelar master dalam bidang Sastra di Universitas Pitchburg.

Bersama surat ini, saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua kesempatan yang telah Anda dan majalah ini berikan kepada saya. Selama 2 setengah tahun saya bekerja di majalah ini, ada banyak pelajaran dan pengalaman yang telah saya dapatkan. Melalui bekerja bersama Anda dan semua kru majalah ini, saya mendapatkan pelajaran berharga tentang bagaimana industri majalah bergerak, perkembangannya dari tahun ke tahun, dan orang-orang seperti apa yang bekerja di belakangnya. Saya bahagia dan bangga pernah menjadi bagian dari itu semua.

Apabila ada sesuatu yang bisa saya bantu untuk majalah ini, seperti mencarikan kandidat pengganti yang memiliki potensi bagus untuk mengisi jabatan saya nanti, tolong beritahu saya sesegera mungkin.

Sekali lagi terima kasih atas waktu 2 setengah tahunnya yang berharga dan semoga ke depannya kita tetap memiliki hubungan profesional yang baik.

Hormat saya yang paling dalam, Jerome Robins.)

Picture by Los Muertos Crew on Pexels

Demikian beberapa contoh surat pengunduran diri dalam Bahasa Inggris.