Daftar Nama Berbagai Jenis Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

Ada berbagai macam pekerjaan yang digeluti oleh orang-orang yang hidup di dunia ini. Pekerjaan atau profesi tersebut digeluti berdasarkan latar belakang pendidikan atau latar belakang keahlian yang dimiliki.

Mengenal nama-nama profesi atau pekerjaan sendiri sangatlah penting, terutama ketika kita mempelajari bahasa baru. Mengenal nama-nama pekerjaan dalam bahasa yang kita pelajari akan membantu kita membedakan antara pekerjaan satu dengan pekerjaan lain, serta menambah perbendaharaan kata dalam bahasa tersebut.

Daftar Nama Pekerjaan dan Profesi dalam Bahasa Inggris (List of Job and Occupation Names in English)

Gambar oleh Sandy Zebua di Unsplash

Dalam artikel ini, kita akan secara khusus membahas berbagai macam nama-nama pekerjaan dan profesi menggunakan bahasa Inggris melalui daftar di bawah ini.

  1. Accountant : akuntan. Biasanya, akuntan bekerja di perusahaan, organisasi, atau bekerja pada pemerintah.
  2. Actor : aktor. Awalnya, profesi ini khusus diberikan kepada pemeran pria. Sekarang ini, profesi aktor juga disematkan kepada pemeran wanita.
  3. Barista : barista atau penyaji profesional. Tugas barista antara adalah menyajikan dan juga sekaligus meracik minuman yang ada di menu sebuah kafe.
  4. Business owner : pemilik usaha atau pemilik bisnis. Mereka yang menggeluti profesi ini membangun dan menjalankan sendiri usaha atau bisnis mereka.
  5. Caretaker or babysitter : pengasuh anak. Tugas seorang pengasuh anak adalah mengasuh dan menyiapkan berbagai keperluan anak, umumnya bayi hingga balita.
  6. Chef : koki. Koki biasanya bekerja memasak dan menyajikan aneka makanan di restoran atau hotel-hotel.
  7. Dance choreographer : koreografer tari. Tugasnya adalah menciptakan berbagai macam alur gerakan dalam sebuah tarian.
  8. Dermatologist : dokter kulit. Tugas dokter kulit adalah mendiagnosa, menangani, dan mengobati berbagai macam permasalahan kulit.
  9. Educational support officer : petugas penunjang pendidikan. Tugas dari pekerjaan ini adalah mendukung para siswa dalam program pendidikan.
  10. Electrician : montir atau tukang listrik. Tugas montir atau tukang listrik adalah menangani masalah kelistrikan berbagai macam mesin dan peralatan elektronik.
  11. Fireman : petugas pemadam kebakaran. Pada umumnya bekerja dalam kelompok atau grup pemadam kebakaran.
  12. Florist : penjual bunga. Memiliki tokonya sendiri dan menjual beraneka jenis bunga.
  13. Geography teacher : guru Geografi. Tugasnya adalah mengajar mata pelajaran Geografi di bangku sekolah.
  14. Graphic designer : desainer atau perancang grafis. Desainer grafis menciptakan ilustrasi atau tampilan dari suatu produk.
  15. Hairdresser or hairstylist : penata rambut. Tugas penata rambut adalah memberikan tatanan atau tampilan rambut bagi kliennya.
  16. Hotel porter or bellboy : porter hotel. Tugas porter hotel antara lain menangani barang bawaan tamu yang datang ke dan pergi dari hotel.
  17. Immigration officer : petugas imigrasi. Tugas dari profesi petugas imigrasi adalah memeriksa dan mengurus perizinan warga asing untuk masuk ke sebuah negara.
  18. Interior designer : desainer atau perancang interior. Tugas utamanya adalah merancang tampilan rumah atau gedung klien.
  19. Journalist : jurnalis. Tugas utama jurnalis adalah menuliskan berita faktual dan lalu dikirimkan ke media massa untuk dimuat.
  20. Judge : hakim. Tugas utama seorang hakim adalah memeriksa dan memutuskan suatu perkara pidana dan/atau perdata.
  21. Kindergarten teacher : guru TK. Guru TK bertanggung jawab mengenalkan dan mengajarkan pendidikan dasar pada anak-anak usia 5 s/d 6 tahun.
  22. Lawyer : pengacara atau penasihat hukum. Tugas utama pengacara yaitu mewakili kliennya dalam suatu perkara hukum.
  23. Lecturer/university lecturer : dosen. Tugas pokok dari profesi dosen adalah mengajar mahasiswa/mahasiswi di tingkat perguruan tinggi sesuai bidang ilmu yang digelutinya.
  24. Makeup/make-up artist : penata rias. Tugas utama seorang penata rias adalah mendandani dan memberikan tampilan tertentu kepada klien (bisa sesuai pembicaraan sebelumnya).
  25. Museum curator : kurator museum. Tugas kurator museum adalah merawat dan mengelola berbagai koleksi di dalam sebuah museum.
  26. Nurse : perawat atau suster. Tugas pokok seorang suster atau perawat yakni mendampingi dokter dan membantu memberikan perawatan kepada pasien.
  27. Nutritionist : ahli gizi. Peranan ahli gizi adalah memberikan pelayanan edukasi dan konsultasi gizi.
  28. Oceanographer : ahli kelautan. Peranan ahli kelautan adalah mengelola kawasan yang menjadi konservasi perairan.
  29. Office manager : manajer kantor. Pekerjaan seorang manajer kantor antara lain mengorganisir dan mengarahkan kegiatan-kegiatan di kantor.
  30. Paramedic : paramedis. Tugas dari pekerjaan sebagai paramedis adalah menangani perawatan gawat darurat dan membawa pasien ke rumah sakit atau dengan segera.
  31. Prison officer : petugas penjara atau rumah tahanan. Tugasnya adalah memelihara, mengendalikan, dan membina para tahanan atau narapidana.
  32. Quantity surveyor : surveyor kuantitas. Tugas seorang surveyor kuantitas adalah menghitung volume sebuah pekerjaan yang menjadi patokan anggaran suatu proyek.
  33. Quarantine officer : petugas atau pejabat karantina. Tugas dari pekerjaan ini yakni melaksanakan tindakan dan kegiatan karantina untuk mecegah suatu penyakit masuk ke suatu daerah.
  34. Radio announcer : penyiar radio. Tugas seorang penyiar radio adalah membawakan acara dan menyajikan informasi melalui radio.
  35. Restaurant manager : manajer restoran. Tugas seorang manajer restoran antara lain mengatur jadwal kerja karyawan dan mengurus inventaris restoran.
  36. School janitor : petugas kebersihan sekolah. Tugas dari pekerjaan ini antara lain membersihkan ruangan-ruangan di sekolah dan membantu menjaga kebersihan sekolah.
  37. Security officer or security guard (general) : petugas atau penjaga keamanan (umum). Tugas dari petugas keamanan adalah mengamankan suatu tempat dari terjadinya tindak kriminal.
  38. Tax officer : petugas pajak. Tugas dari profesi petugas pajak yakni mencatat, mengurus, dan melakukan kalkulasi serta analisa pajak.
  39. Tour guide : pemandu wisata atau pramuwisata. Tugas pemandu wisata adalah memandu dan merekomendasikan tempat-tempat wisata di daerahnya kepada wisatawan.
  40. Urban and regional planner : perencana kota dan wilayah. Tugas pokok seorang perencana kota dan wilayah yaitu merencanakan tata ruang kota dan wilayah.
  41. Veterinary surgeon : ahli bedah hewan. Tugas utama ahli bedah hewan yaitu melakukan operasi atau pembedahan pada hewan dengan penyakit serius.
  42. Vegetable farmer : petani sayur. Pekerjaan seorang petani sayur adalah menanam dan terkadang memperdagangkan sayur-mayur yang dia tanam.
  43. Web designer : desainer atau perancang situs. Tugas dari desainer situs adalah merancang segala sesuatu yang berhubungan dengan sebuah situs.

Itulah daftar nama-nama berbagai jenis pekerjaan dan profesi dalam bahasa Inggris.