Ingin Cepat Kurus? Coba 8 Aplikasi Android Ini

Sumber: Zuzyuza @pixabay

Badan kurus merupakan keinginan yang masih sering dimiliki banyak orang baik pria maupun wanita. Tidak jarang pula orang yang kerap gagal melakukan penurunan berat badan dan justru menderita penyakit tambahan akibat program diet yang salah.

Supaya tidak menjadi salah satu dari orang yang gagal diet, maka Anda perlu mengetahui cara modern diet yang sukses. Salah satunya adalah memanfaatkan aplikasi di Android. Selain menawarkan fitur yang menjanjikan, aplikasi digital pun telah dikembangkan bersama pakar gizi sehingga dapat mendukung diet Anda.

Untuk langsung ingin menguruskan badan, simak penjelasan mengenai aplikasi Android beserta manfaat spesifiknya di bawah ini.

WATERLOGGED

Waterlogged (Sumber: Google Play Store)

Banyak orang belum benyadari bahwa mengonsumsi air putih secara rutin dapat menguruskan berat badan. Apakah Anda adalah salah satunya?

Jika iya, maka Anda harus mulai rutin mengonsumsi air putih secara tepat mulai dari sekarang juga. Perlu diketahui bahwa air putih merupakan penekan nafsu makan alami, membantu kelancaran pembuangan kotoran tubuh, serta mendorong pembakaran kalori. Air putih juga mudah diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mengingatkan seseorang supaya rutin mengonsumsi air putih, aplikasi Waterlogged hadir sebagai solusi. Selain dapat mengatur waktu spesifik beserta kuantitas air, aplikasi ini juga dapat mengevaluasi sasaran konsumsi air putih dan mengatur rencana konsumsi berdasarkan tipe gelas air. Untuk mengunduh aplikasi, Anda dapat memeriksa tautan ini.

KetoDiet: KETO DIET APP TRACKER, PLANNER & RECIPES

KetoDiet (Sumber: Google Play Store)

Diet keto merupakan salah satu program diet efektif yang banyak dilakukan. Untuk memandu pelaksanaan diet, terdapat aplikasi KetoDiet yang eksis sejak tahun 2017.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini berfungsi untuk merencanakan dan mengevaluasi diet keto. Uniknya, aplikasi ini memiliki ribuan resep makanan lezat namun tetap sesuai takaran gizi diet. Bahkan Anda dapat membuat resep sendiri dan mengukur apakah kandungan gizi di dalamnya masih cocok untuk menunjang diet.

Aplikasi ini pun kerap dipilih karena terhubung dengan pakar gizi yang memberi saran dan panduan untuk menguruskan badan. Untuk menjajal panduan diet dan meninjau detail konsumsi gizi Anda setiap hari, klik tautan ini dalam rangka mengunduh aplikasi KetoDiet.

30 DAYS FITNESS CHALLENGE

30 Days Fitness Challenge (Sumber: Google Play Store)

Untuk menguruskan badan yang terjamin sehat, cara yang dapat ditempuh adalah rutin berolahraga. Aplikasi ini mempercayai bahwa olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah dengan alat seadanya akan membantu menurunkan berat badan.

Di dalam aplikasi terdapat berbagai tantangan berdasarkan jenis bagian tubuh, misalnya latihan otot perut, latihan tubuh penuh, latihan bokong, dan lain-lain. Pada bagian setiap latihan terdapat puluhan variasi gerakan beserta panduan dan durasi.

Setelah rutin berlatih, aplikasi akan menampilkan grafik penurunan berat badan berdasarkan rencana fitness yang dipilih. Tautan ini akan mengarahkan Anda untuk mengunduh aplikasi.

LOSE IT! FOR DIET & WEIGHT LOSS

Lose It! (Sumber: Google Play Store)

Lose It! merupakan aplikasi penurun berat badan yang terintegrasi dengan asupan makanan maupun olahraga. Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang ini akan membantu merealisasikan target berat badan yang diinginkan.

Uniknya, aplikasi ini memantau penurunan berat badan dalam berbagai cara baik konsumsi kalori, berbagai aktivitas fisik, hingga pola tidur. Aplikasi juga bekerja sama dengan brand atau produsen makanan berlabel sehingga pengguna cukup memotret barcode kemasan untuk mencatat kalori.

Setiap kegiatan ringan mulai dari jalan kaki hingga berlari bahkan konsumsi air rutin juga disinkronisasi oleh aplikasi. Untuk lebih memotivasi pengguna, aplikasi yang dapat diperoleh dari tautan ini pun menampilkan grafik rencana diet setiap hari yang menarik dipandang.

CRONOMETER

Cronometer (Sumber: Google Play Store)

Untuk menyediakan pelacak nutrisi secara akurat, aplikasi Cronometer hadir sebagai pendamping diet Anda. Tidak hanya menunjukkan statistik histori asupan makanan dengan grafik yang berwarna, aplikasi ini juga menampilkan parameter nutrisi secara lengkap.

Daripada kebanyakan aplikasi lain, aplikasi ini mampu menunjukkan detail mikronutrisi yang jarang ditampilkan, misalnya total asupan vitamin. Aplikasi Cronometer juga membantu perencanaan puasa sesuai kemampuan untuk mewujudkan keinginan badan kurus.

Tidak hanya membebaskan pengguna untuk membuat resep makanan bergizi, aplikasi pun telah mendapat berbagai kepercayaan dari aplikasi mitra untuk mencatat riwayat olahraga seperti Strava, Qardio, dan lain-lain. Hal ini pun membuat aplikasi lebih dipercaya karena memiliki data olahraga yang lebih akurat dan tidak memberatkan ukuran atau memori.

Untuk mengunduh aplikasi yang hanya sebesar 12MB ini, Anda dapat memeriksa tautan ini.

CALORIE COUNTER – MyNetDiary, FOOD DIARY TRACKER

Calorie Counter (Sumber: Google Play Store)

Saat pertama kali melihat tampilan aplikasi, kebanyakan pengguna akan merasa nyaman, fresh, dan lebih bersemangat. Bagaimana tidak, tampilan estetik dengan ikon unik akan menemani perjalanan diet secara sehat.

Di dalam aplikasi terdapat berbagai resep makanan lezat yang diperbarui setiap hari dengan gambar yang memikat. Aplikasi ini juga mendukung berbagai jenis diet mulai dari low-carbo hingga diet keto karena menyediakan log atau catatan asupan nutrisi dan grafik target posisi berat badan saat ini untuk menuju target pengurusan badan.

Uniknya lagi, aplikasi ini dapat mencegah diabetes dengan memberi peringatan lewat parameter kesehatan seperti tekanan darah, detak jantung, dan himbauan gejala penyakit. Karena pengguna akan terdaftar dalam komunitas global MyNetDiary, mereka akan lebih bersemangat dengan berbagi tips antar anggota maupun dari pakar resmi.

Penasaran untuk mencoba? Tautan ini akan membantu Anda untuk mengunduh aplikasi.

FITBIT

Fitbit (Sumber: Google Play Store)

Fitbit terkenal sebagai salah satu aplikasi tercanggih untuk menjaga kesehatan sekaligus menurunkan berat badan. Bagaimana tidak, aplikasi ini meninjau setiap gerak kaki, menampilkan grafik detail keterangan dan kondisi tidur, serta menunjukkan grafik laju detak jantung.

Pembeda aplikasi yang sudah diunduh sebanyak lebih dari 50 juta kali ini adalah fitur menu Discover. Menu tersebut menyediakan berita edukasi dan statistik kesehatan dan kebugaran, menawarkan program diet terpadu, serta menantang pengguna lewat petualangan atau target harian dalam berbagai aspek yaitu kontrol makanan, dorongan olahraga, dan lain sebagainya.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat menjalankan diet anti stress karena aplikasi memiliki audio atau musik yang menenangkan serta bebas dipilih sesuai mood. Untuk bergabung dalam wadah komunitas anggota yang dapat menjadi sumber inspirasi diet, Anda dapat mengunduh aplikasi melalui tautan ini.

CALORIE COUNTER BY FatSecret

FatSecret (Sumber: Google Play Store)

Jika Anda merupakan orang yang suka membagikan aktivitas diet, Anda mungkin akan jatuh hati dengan aplikasi ini. Layaknya media sosial, aplikasi ini terkenal dengan fitur utama berupa kanal jejaring untuk membagikan foto atau aktivitas kepada pengguna aplikasi lain.

Aplikasi ini cocok jika Anda tidak ingin repot memikirkan rencana makanan karena sudah menyediakan rencana makanan mulai dari makan pagi, siang, dan malam. Kelebihan aplikasi ini adalah fitur Image Recognition atau langsung mengetahui jenis makanan dan kandungan nutrisi hanya dengan memotret gambar makanan.

Selain itu, aplikasi mampu membuat album foto jejak diet untuk menjadi kenangan manis maupun kebanggaan pribadi. Dengan memeriksa tautan ini, Anda akan langsung dapat mengunduh aplikasi ke dalam ponsel.

Dengan keberadaan aplikasi pendukung diet di atas, Anda pun dapat menguruskan badan secara sehat, mudah, benar, dan tetap bahagia alias tidak membenci makanan, aktivitas fisik serta diri sendiri. Selamat mencoba, ya!