Mengatur Jadwal Sekolah Lebih Mudah dengan 6 Aplikasi Untuk Membuat Jadwal Pelajaran Berikut

Apakah Anda pernah kesulitan untuk membagi waktu? Membagi waktu adalah salah satu permasalahan yang terlihat sederhana namun juga membebani banyak orang, baik orang dewasa maupun anak muda. Anak sekolah pun bisa kesulitan membagi waktunya mengingat jadwal sekolah yang padat dan waktu istirahat yang terbatas.

Oleh sebab itulah anak sekolah juga perlu belajar mengatur waktunya sejak dini, salah satunya dengan membuat jadwal pelajaran setiap hari. Jadwal pelajaran ini bukan hanya membantu anak untuk menyiapkan pelajaran apa saja yang akan dipelajari namun juga tidak melewatkan tugas ataupun ulangan yaang harus diselesaikan di keesokan harinya.

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran yang bisa diunduh di smartphone, lho! Berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran terbaik yang bisa Anda coba: 

Chipper: Free Daily Schedule Planner for College

Chipper adalah aplikasi yang siap membantu Anda untuk mengatur waktu dan membuat jadwal kegiatan jauh lebih mudah daripada aplikasi lainnya. Chipper juga akan memberitahu tentang progress yang telah dibuat saat masa ujian sehingga Anda akan merasa lebih siap menghadapi ujian pada hari H.

Membicarakan Chipper tentunya tidak afdol tanpa fiturnya yang canggih, seperti Digital Planner yang memudahkan Anda untuk menambahkan berbagai meeting, agenda, ataupun waktu belajar pada kalender sehingga jadwal harian lebih teratur. Ada pula fitur Assignment Tracker, di mana Chipper akan memberitahu tentang progress Anda secara berkala sehingga Anda tahu tugas mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu dan bisa selesai tepat waktu. 

Banyak pelajar yang memilih menggunakan Chipper karena tampilannya yang sederhana dan penuh warna sehingga tidak membuat bosan para penggunanya. Meskipun sebagian besar fitur Chipper ditawarkan secara gratis, Anda juga bisa mengakses fitur premium yang bisa dibayarkan secara mingguan, bulanan, ataupun tahunan sesuai kebutuhan.

Anda bisa mengunduh Chipper kapan saja secara gratis hanya di sini.

Power Planner: Homework/ Grades

Power Planner adalah aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran berikutnya yang membantu Anda untuk memantau perkembangan belajar dalam satu semester penuh. Aplikasi ini juga bisa tersambung dengan perangkat Windows maupun Apple sehingga memudahkan Anda untuk mengakses data di mana saja.

Melalui Power Planner, Anda bisa mencatat jadwal kelas dan di mana ruangannya sehingga tidak ada lagi kelas yang terlewat di kemudian hari. Tentunya Anda juga bisa mengaktifkan fitur Reminder untuk mengingatkan tentang tugas apa saja yang harus diselesaikan supaya semua tugas bisa selesai tepat waktu dan peringkat Anda di kelas mengalami peningkatan.

Meskipun sebagian besar fiturnya ditawarkan secara gratis, Anda juga bisa menjadi anggota premium Power Planner dengan hanya sekali bayar, lho! Tentunya banyak fitur premium canggih yang sayang dilewatkan, seperti Anda bisa menginput GPA tiap semester sehingga Anda bisa tahu detail perkembangan belajar dari satu semester ke semester berikutnya.

Power Planner bisa Anda unduh kapan saja secara gratis hanya di sini.

Todait

Sering gagal ujian karena kurang waktu belajar? Nah tandanya Anda perlu menggunakan Todait, yaitu aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran yang sudah diunduh hingga jutaan kali. Todait siap memberitahu Anda berapa banyak waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu ataupun menghadapi ujian sehingga ujian bisa berjalan dengan lancar.

Tentunya Todait sudah dilengkapi dengan banyak fitur canggih, seperti adanya fitur Stopwatch yang membantu Anda untuk tahu seberapa banyak waktu yang sudah dihabiskan untuk mempelajari suatu subjek. Todait juga memberikan laporan berupa grafik sehingga Anda bisa membandingkan progress belajar antara satu minggu dengan minggu lainnya.

Selain itu, Todait juga sudah dilengkapi fitur Alarm yang bisa Anda gunakan untuk mengingatkan kapan harus belajar. Anda juga bisa memantau progress setiap hari melalui fitur Time Table yang bisa diakses kapan saja secara gratis.

Todait bisa Anda unduh kapan saja secara gratis hanya di sini.

Egenda – School Planner & Assistant

Egenda adalah aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran terbaik berikutnya yang mudah dioperasikan karena fokusnya adalah untuk mengingatkan Anda tentang berbagai tugas yang harus segera diselesaikan.

Melalui Egenda, Anda bisa menambahkan jadwal pelajaran tiap hari sehingga tahu betul tugas mana yang sudah mendekati deadline dan harus segera diselesaikan. Egenda juga sudah dilengkapi dengan Reminder sehingga Anda tidak akan lupa lagi mengerjakan suatu tugas.

Selain itu, Egenda juga bisa digunakan bersama dengan teman sekelompok sehingga project besar pun bisa selesai dalam waktu singkat dan lebih efektif. Egenda tidak hanya bisa diakses di smartphone, namun juga pada tablet!

Kabar baiknya lagi, semua fitur pada Egenda ditawarkan secara gratis sehingga Anda tidak usah memusingkan lagi tentang pengeluaran. Anda bisa mengunduh Egenda kapan saja secara gratis hanya di sini.

Easy Study – Your Schedule, Plan for School

Belum puas dengan aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran yang disebutkan sebelumnya? Tenang saja, masih ada Easy Study yang bisa Anda dapatkan secara gratis kok!

Banyak pelajar yang mengandalkan Easy Study karena mudah dioperasikan, di mana Anda hanya perlu memasukkan berapa banyak pelajaran yang ingin dipelajari dalam sehari. Setelahnya, Easy Study pun akan membantu untuk menjadwalkan jam belajar Anda!

Easy Study juga akan menyarankan tentang berbagai metode belajar sehingga Anda tidak mudah bosan ataupun terbebani sekalipun harus belajar berjam-jam. Anda bisa menggunakan fitur History untuk tahu progress belajar yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu, baik seminggu, sebulan, atapun progress belajar kemarin!

Menariknya lagi, Easy Study juga dilengkapi dengan banyak pilihan warna yang bisa Anda gunakan untuk membedakan antara satu pelajaran dengan lainnya. Dijamin belajar makin menyenangkan bersama Easy Study!

Anda bisa mengunduh Easy Study kapan saja secara gratis hanya di sini.

My Study Life – School Planner

Satu lagi aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran yang tidak boleh dilewatkan adalah My Study Life yang sudah diunduh jutaan kali. Melalui My Study Life, Anda bisa tahu progress belajar kapan saja karena aplikasi ini langsung terhubung dengan Google Drive dan Cloud.

Anda pun bisa menambahkan jadwal kelas tiap harinya sehingga tidak akan ada lagi tugas ataupun ujian yang terlewat. My Study Life akan melaporkan progress belajar tiap minggunya sehingga Anda bisa memperbaiki jadwal belajar di kemudian hari.

Selain itu, My Study Life juga sudah dilengkapi dengan fitur Reminder yang siap mengingatkan Anda tentang berbagai tugas penting, baik tugas yang harus dikumpulkan esok hari, ujian, dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, Anda tetap bisa mencatat tugas penting meskipun koneksi internet tidak stabil ataupun benar-benar offline!

Anda bisa mengunduh My Study Life kapan saja secara gratis hanya di sini.

Pastinya sekarang sudah tidak kesulitan lagi mengatur jadwal pelajaran setelah tahu aplikasi terbaik barusan, kan? So, tunggu apalagi untuk membuat kegiatan lebih teratur dengan aplikasi pilihan Anda?