Mengatur Waktu Lebih Mudah dengan 7 Aplikasi Untuk Membuat Jadwal Harian Berikut

Apakah Anda merasa pernah kehabisan waktu karena jadwal yang tidak teratur? Tidak bisa dipungkiri jika banyak orang merasa 24 jam dalam sehari tidak cukup karena banyaknya kegiatan yang harus diselesaikan. Faktanya, sebagian besar orang kurang bisa mengatur waktunya dan menyebabkan banyak kegiatan terbengkalai.

Tidak sedikit pula orang yang gagal dalam menyusun jadwal harian karena lupa membawa jadwal tersebut ketika berpergian. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi tentang hal ini karena sekarang banyak aplikasi untuk membuat jadwal harian sehingga Anda bisa mengatur waktu lebih baik daripada sebelumnya.

Nah berikut adalah rekomendasi aplikasi untuk membuat jadwal harian terbaik yang bisa Anda coba:

Trello: Organize Anything with Anyone, Anywhere!

Kualitas Trello untuk membantu Anda mengatur waktu tidak perlu diragukan lagi mengingat aplikasi ini sudah digunakan lebih dari 35 juta orang di seluruh dunia. Trello siap membantu Anda untuk mengatur berbagai agenda yang berhubungan dengan pekerjaan maupun hanya sekedar mengatur janji dengan teman dan keluarga.

Tampilan Trello yang interaktif memudahkan Anda untuk mengingat berbagai agenda penting dengan menambahkan catatan pada tiap tanggal. Anda pun bisa menambahkan checklist pada tiap agenda yang sudah selesai dan mengatur reminder supaya tidak ada agenda penting yang terlupa.

Selain itu, Trello juga bisa digunakan bersama rekan kerja sehingga kerja tim pun lebih mudah selesai dan tidak ada lagi deadlines yang terlewat. Anda bisa mengunduh Trello secara gratis kapan saja hanya di sini.

Toggl

Toogl adalah salah satu aplikasi untuk membuat jadwal harian sederhana yang bisa membantu Anda ataupun tim untuk mengatur waktu. tentunya Toggl sudah dilengkapi dengan banyak fitur canggih, seperti fitur Reports yang menunjukkan bagaimana Anda menghabiskan waktu secara harian, mingguan, ataupun bulanan. 

Selain itu, Toggl terhubung langsung dengan Calendar sehingga Anda bisa menambahkan berbagai janji penting sehingga tidak akan ada lagi janji yang terlewat di kemudian hari. Anda juga bisa mengaktifkan notifikasi Toggl untuk tetap bekerja di background smartphone sehingga aplikasi ini tetap bisa melacak apa saja yang Anda kerjakan sepanjang hari dengan smartphone.

Toggl pun sudah menjamin keamanan data Anda dan melakukan sinkronisasi tiap waktu dengan PC maupun website sehingga data tersimpan secara otomatis. Adapun fitur premium yang siap menyarankan Anda untuk mengatur waktu lebih efektif. 

Meskipun bisa diunduh secara gratis, Toggl juga menawarkan fitur premium yang bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp.100 ribu saja tiap bulannya. Anda bisa mengunduh Toggl kapan saja secara gratis hanya di sini.

Shift Calendar

Sering kesulitan membuat agenda dengan teman karena banyak janji di suatu hari? Tandanya Anda membutuhkan Shift Calendar, nih! Aplikasi yang sudah tersedia di Playstore sejak tahun 2013 silam ini sudah menjadi andalan jutaan banyak orang karena berbagai fiturnya yang mudah dipahami.

Agenda yang Anda buat melalui Shift Calendar pun bisa dibagikan ke teman sehingga mereka percaya jika Anda tidak bisa hadir di suatu acara karena sudah ada agenda lainnya. Shift Calendar juga sudah dilengkapi dengan fitur Reminder sehingga Anda tidak akan melewatkan agenda penting lainya di kemudian hari.

Untuk mengakses fitur premiumnya, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.15 ribu, lho! Anda bisa mengunduh Shift Calendar kapan saja secara gratis hanya di sini.

Todoist: To Do List, Task, and Reminders

Todoist adalah aplikasi terbaik untuk Anda yang butuh reminder tiap hari supaya tidak ada lagi agenda yang terlupakan. Keunggulan Todoist pun tidak perlu Anda ragukan lagi mengingat aplikasi ini sudah digunakan hingga 25 juta orang di dunia dan sudah memenangkan penghargaan sebagai aplikasi to-do-list terbaik dari Google!

Melalui Todoist, Anda bisa mengatur reminder kapan saja untuk deadlines yang harus selesai pada waktu tertentu. Anda juga bisa menggunakan Todoist untuk bekerjasama dengan teman sehingga tugas kantor pun bisa lebih cepat selesai daripada sebelumnya.

Selain itu, Todoist juga menyediakan fitur Priority Levels yang membantu Anda untuk memprioritaskan kegiatan apa dulu yang harus diselesaikan. Anda bisa mengunduh Todoist kapan saja secara gratis hanya di sini

RescueTime Time Management and Digital Wellness

Sama seperti namanya, RescueTime adalah aplikasi yang siap membantu Anda untuk memonitor tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan dalam sehari untuk online. Tentunya RescueTime sudah dilengkapi dengan beragam fitur canggih, seperti adanya fitur Screen Time yang membantu Anda untuk mengontrol penggunaan beberapa aplikasi.

Selain itu, RescueTime juga punya fitur Reminder yang akan mengingatkan Anda tentang beberapa hal yang ingin dilakukan dalam sehari. Ada pula fitur Focus Time Sessions, di mana Anda tidak bisa membuka beberapa websites yang sudah dimasukkan dalam daftar sehingga Anda pun lebih fokus dalam menyelesaikan beberapa tugas.

Tentunya RescueTime juga menawarkan berbagai fitur premium seperti Real Time Alerts yang siap mengingatkan ketika menghabiskan banyak waktu pada websites yang sudah masuk dalam daftar blacklist. RescueTime juga bisa terus memantau aktivitas Anda secara offline, seperti berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk mengirim SMS ataupun telepon.

Untuk mengakses semua fitur premium RescueTime, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp.100 ribu saja tiap bulannya, kok! Anda bisa mengunduh RescueTime kapan saja secara gratis hanya di sini.

My Life Organized

Belum puas dengan aplikasi untuk membuat jadwal harian yang disebutkan barusan? Tenang saja, masih ada My Life Organized yang juga bisa Anda dapatkan secara gratis, kok!

Melalui My Life Organized, Anda bisa memasukkan berbagai daftar agenda ataupun tugas yang harus diselesaikan dalam sehari. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk mengatur tugas mana dulu yang sebaiknya dikerjakan sehingga tidak ada lagi aktivitas yang terbengkalai. 

My Life Organized juga sudah dilengkapi dengan fitur Reminders sehingga Anda akan diingatkan tentang tugas apa saja yang belum selesai. Berbagai fitur gratisan pun bisa Anda nikmati selama 21 hari pertama dan setelahnya Anda akan dikenai biaya bulanan.

Anda bisa mengunduh My Life Organized kapan saja secara gratis hanya di sini.

Timely: Time Tracking App & Billable Hours Tracker

Satu lagi aplikasi untuk membuat jadwal harian adalah Timely yang juga bisa Anda dapatkan secara gratis. Timely bukan hanya akan melaporkan tentang berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan suatu tugas namun juga perbandingan antara seberapa produktif Anda dari minggu ke minggu.

Selain itu, Timely juga membantu Anda tentang berapa lama waktu yang Anda habiskan dalam menggunakan beberapa aplikasi, baik di smartphone maupun laptop. Timely mampu melacak seberapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk meeting ataupun di suatu lokasi sehingga Anda bisa tahu berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk bertemu dengan teman ataupun memanjakan diri. 

Meskipun sebagian besar fiturnya ditawarkan secara gratis, Anda juga bisa mendapatkan fitur premium yang ditawarkan hanya sekitar Rp.100 ribu, lho! Anda bisa mengunduh Timely kapan saja secara gratis hanya di sini.   

Pastinya sekarang sudah tidak kesulitan lagi untuk mengatur jadwal setelah tahu aplikasi barusan, kan? So, tunggu apalagi untuk hidup lebih teratur dengan aplikasi untuk membuat jadwal harian pilihan Anda?