Mengedit Video Lebih Mudah dengan 6 Aplikasi Buat Crop Video Berikut

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang sering merekam momen seru bersama orang tersayang? Tidak bisa dipungkiri jika sebagian orang memilih untuk merekam daripada memotret karena berbagai momen berharga bisa dikenang dalam waktu yang cukup lama.

Sayangnya, membagikan video di sosial media pun tidak semudah foto karena durasi yang terlalu lama menyebabkan ukuran video membesar pula. Oleh sebab itulah Anda perlu memotong videonya terlebih dahulu supaya video kesayangan bisa diunggah lagi ke media sosial.

Kabar baiknya, saat ini sudah banyak aplikasi buat crop video yang bisa dipasang di smartphone yang berarti Anda bisa memotong video di mana dan kapan saja. Bahkan beberapa aplikasi bisa Anda gunakan kapan saja secara gratis, lho!

Berikut adalah rekomendasi aplikasi buat cut video terbaik yang bisa Anda coba:

Funimate: Video Editor & Music Clip Star Effects

Funimate adalah aplikasi buat crop video yang penggunanya sudah mencapai angka puluhan juta, terutama untuk para pengguna Tik Tok. Tentunya hal ini tidak terlepas dari uniknya fitur yang ditawarkan oleh Funimate, termasuk puluhan background music yang bisa digunakan secara gratis. 

Ketika memotong video, ANda bisa menambahkan berbagai foto maupun efek untuk membuat video tersebut menjadi lebih menarik. Bahkan Anda bisa menambahkan banyak stiker baik di awal maupun akhir video seperti yang diinginkan.

Menariknya lagi, Anda bisa menambahkan efek slow motion pada video untuk membuatnya terlihat lebih detail, lho! Hasil editan video pun bisa dibagikan kapan saja ke berbagai social media ataupun sekedar membagikannya ke teman melalui email.

Kabar baiknya, semua fitur yang ditawarkan Funimate bisa Anda akses secara gratis tanpa syarat apapun lho! Anda bisa mengunduh Funimate kapan saja secara gratis di sini.   

Vlogit – A Free Video Editor for Vloggers

Vlogit adalah aplikasi buat crop video berikutnya yang mudah dipahami dan sudah diandalkan oleh banyak vlogger untuk mengedit kontennya sebelum diunggah ke social media. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari Vlogit, seperti tanpa watermark sehingga tidak akan mengganggu video sama sekali.

Kualitas hasil video Vlogit pun tidak perlu diragukan lagi karena sudah dalam format 1,080p dan cocok diunggah ke Instagram, Facebook, ataupun YouTube. Memotong video pun terasa mudah karena Anda hanya perlu menggunakan tool Trim dan bisa mengecek kembali hasilnya menggunakan fitur Instant Preview. 

Tentunya Anda juga bisa menambahkan banyak stiker pada video yang diedit untuk membuatnya lebih menggemaskan! Anda bisa mengunduh Vlogit secara gratis kapan saja hanya di sini

Viva Video

Kualitas dari Viva Video tidak perlu diragukan lagi mengingat aplikasi ini sudah digunakan oleh ribuan bloggers. Selain memudahkan Anda untuk memotong video, Viva Video juga menyediakan banyak background musik yang bisa disematkan dalam video sesuai yang Anda mau.

Selain resolusi video yang tidak berkurang sama sekali, Anda juga bisa menambahkan berbagai transisi serta efek pada video untuk membuatnya terlihat lebih hidup. Ada juga fitur Merge yang membuat Anda bisa menggabungkan beberapa video sekaligus hanya dalam hitungan menit.

Bagi Anda yang ingin menambahkan efek blur, maka Anda perlu menggunakan fitur Blur yang memberikan efek samar pada background dan menonjolkan bagian video lainnya. Anda pun bisa membagikan hasil video yang sudah diedit ke berbagai sosial media hanya dalam sekali klik.

Kabar baiknya, sebagian besar fitur yang ditawarkan Viva Video bisa Anda akses kapan saja secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh Viva Video secara gratis kapan saja hanya di sini.

Filmora Go – Free Video Editor

Membicarakan aplikasi buat crop video terbaik tentunya tidak afdol tanpa kehadiran Filmora Go. Aplikasi yang sudah menjadi andalan puluhan juta orang di seluruh dunia ini menawarkan banyak fitur yang bisa diakses secara gratis, termasuk memberikan efek Slow Motion untuk memberikan efek dramatis pada video yang Anda edit.

Bukan hanya puluhan background music, Filmora Go juga menawarkan banyak tema video yang bisa Anda gunakan kapan saja untuk memberikan lebih banyak warna pada video yang membuatnya terlihat lebih menarik. Filmora Go juga bisa mengedit video yang berasal dari aplikasi lain apabila Anda lupa untuk menyimpannya di galeri. 

Tentunya masih banyak fitur canggih yang ditawarkan Filmora Go, seperti fitur Real-Time yang membuat ANda bisa mereview video secara keseluruhan sebelum menyimpannya di smartphone.  Anda pun bisa membagikan hasil editan video kapan saja ke social media yang diinginkan, seperti Faceook, Instagram, TikTok, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa untuk menambahkan efek pada video yang Anda edit untuk membuatnya terlihat makin menarik ya! Anda bisa mengunduh Filmora Go kapan saja secara gratis hanya di sini

Quik – Free Video Editor for Photo

Masih kesulitan memotong video? Tandanya Anda perlu mencoba Quik nih! Quik menyediakan banyak fitur yang mudah dipahami dan pastinya memudahkan proses pemotongan video dalam hitungan menit. Anda pun bisa memilih transisi yang digunakan sehingga potongan video tetap terlihat menyatu satu sama lain.

Tentunya masih banyak fitur unik yang ditawarkan Quik, misalnya saja Anda bisa menambahkan efek Slow Motion untuk membuat video menjadi lebih dramatis. Berbagai sticker pun bisa Anda tambahkan ketika memotong video, baik sticker berupa tokoh kartun tertentu ataupun lokasi yang menunjukkan di mana video tersebut diambil.

Bukan hanya itu, Quik juga punya banyak koleksi background music yang bisa Anda gunakan sebelum mengunggahnya ke sosial media. Anda bisa menentukan sendiri format akhir dari video tersebut, baik MP4, MOV, AAC, WAV, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, Quik bukan hanya memudahkan Anda untuk memotong video namun juga foto, lho! Anda bisa mengunduh Quik secara gratis kapan saja hanya di sini

Kinemaster

Satu lagi aplikasi buat crop video yang tidak boleh terlewatkan adalah Kinemaster yang menawarkan banyak fitur editing dan bisa Anda gunakan secara gratis kapan saja. Misalnya saja Anda bisa menambahkan berbagai jenis font maupun sticker untuk memperjelas tujuan video sehingga lebih mudah dipahami netizen.

Apabila ingin menambahkan efek dramatis pada video, ANda bisa menggunakan fitur Slow Motion dan diatur sendiri kecepatannya. Kinemaster juga menyediakan banyak efek transisi yang akan membuat gabungan antar video terlihat lebih halus.

Berbeda dengan aplikasi buat crop video lainnya, melalui Kinemaster ini ANda bisa menambahkan  hasil suara rekaman sendiri sehingga video pun hasilnya terlihat lebih personal. Anda pun bisa menambahkan filter pada tiap transisi ataupun pada menit tertentu yang akan membuat video terlihat lebih berwarna.

Menariknya lagi, Anda bisa menentukan sendiri resolusi dari video tersebut, baik 4K, 2160P, 30 Fps, dan masih banyak lagi. Anda bisa mengunduh Kinemaster kapan saja secara gratis hanya di sini.  

Pastinya sudah tidak ada alasan kesulitan memotong video lagi setelah tahu aplikasi buat crop video terbaik barusan kan? So, tunggu apalagi untuk crop video dengan aplikasi andalan Anda?