11 Aplikasi Chat Terbaik di Android

Bongkarn Thanyakij @ Pexels

Kapan terakhir kali Anda berkomunikasi dengan orang lain? Saat ini, komunikasi bisa dilakukan dengan mudah di mana dan kapan saja dengan kehadiran smartphone. Bahkan banyak orang yang punya lebih dari satu smartphone untuk memudahkan komunikasi.

Seiring dengan perkembangan smartphone, aplikasi chatting yang tersedia pun semakin banyak. Tentunya Anda perlu jeli dalam memilih aplikasi chatting sehingga memori smartphone tidak cepat penuh hanya karena aplikasi ini.

Nah berikut adalah aplikasi chatting terbaik di Android yang perlu Anda tahu:

Snapchat

Snapchat adalah aplikasi chatting yang unik dalam berbagai media, di mana media yang dikirimkan akan hilang dalam hitungan detik. Hal inilah yang membuat Snapchat seru karena menguji memori Anda untuk mengingat pesan apa yang diterima sebelumnya.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh Snapchat adalah banyanya filter foto yang bisa digunakan kapan saja dan membuat foto Anda terlihat lebih berwarna. Snapchat juga menawarkan fitur groupchat beserta gamenya yang bisa dimainkan bersama-sama.

Menariknya, banyak brand ternama seperti TacoBell ataupun Kraft yang punya akun Snapchat untuk mempromosikan berbagai produknya lho! Snapchat juga menawarkan fitur Bitmoji, di mana Anda bisa membuat avatar sesuai dengan penampilan yang bisa dikirimkan setiap kali berkomunikasi dengan orang lain. [Download di sini]

WhatsApp

Siapa sih yang tidak kenal dengan WhatsApp? WhatsApp adalah aplikasi chatting dengan pengguna terbanyak di dunia dan angka penggunanya pun sudah mencapai jutaan orang. Banyak fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp, seperti voice call ataupun video call yang bisa dilakukan secara gratis!

Selain bisa digunakan di smartphone, Anda juga bisa mengakses WhatsApp melalui komputer yang akan memudahkan komunikasi sekalipun ketika Anda masih bekerja! Selain itu, Anda juga bisa menambahkan shortcut pada layar utama sehingga Anda bisa berkomunikasi dengan orang tersebut kapan saja tanpa membuka aplikasi sekalipun.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan oleh WhatsApp adalah grupnya yang bisa muat sampai ratusan orang. Apabila Anda terganggu dengan notifikasi grup, Anda bisa mematikan notifikasi dalam durasi tertentu, baik 8 jam, seminggu, bahkan setahun! [Download di sini]

Kakao Talk

Kakao Talk adalah aplikasi chatting yang didominasi oleh warga Korea dan diperkirakan hampir 93% warganya menggunakan aplikasi ini. Selain menawarkan berbagai fitur chatting pada umumnya, Kakao Talk juga menawarkan KakaoTV, di mana Anda bisa berinteraksi langsung dengan berbagai artis Korea!

Bukan hanya itu, Anda juga bisa berkomunikasi dengan orang lain yang sama-sama menyukai budaya Korea melalui aplikasi ini. Kakao Talk juga punya segudang koleksi stiker lucu bertema beruang yang bisa Anda gunakan kapan saja! [Download di sini]

Google Hangout

Mau meeting dengan 100 orang sekaligus melalui aplikasi chatting? Tenang saja, ada Google Hangout yang siap memberikan pelayanan terbaiknya!

Aplikasi punya Google ini bukan hanya memfasilitasi meeting untuk 100 orang, namun juga bisa mengontak orang lain yang belum menggunakan aplikasi ini. Selain itu, Anda juga bisa chatting dengan orang yang sudah pernah berkirim email sebelumnya. [Download di sini]

Kik

Kik adalah aplikasi chatting yang menjadi favorit remaja, di mana mayoritas penggunanya berusia 13 sampai 24 tahun. Berbeda dengan aplikasi chatting lainnya, Anda hanya butuh username dari orang tersebut untuk memulai chatting lho!

Kik juga menawarkan banyak fitur menarik seperti adanya groupchat dengan berbagai hashtag yang bisa Anda gunakan untuk memperbanyak koneksi. Selain itu, Kik juga punya banyak game seru yang bisa dimainkan bersama teman ketika chatting. [Download di sini]

Viber

Viber adalah salah satu aplikasi chatting yang penggunanya didominasi oleh masyarakat Eropa timur. Hampir sama dengan aplikasi chatting lainnya, Viber juga menyediakan fitur voice chat, video chat, serta bisa melakukan panggilan ke nomor telepon rumah atau kantor dengan membayar biaya bulanan.

Selain itu, Viber juga menawarkan berbagai stiker lucu yang membuat komunikasi Anda dngan teman semakin seru. Tentunya Anda juga bisa melakukan video chat sewaktu-waktu sekalipun saat tengah malam. [Download di sini]

Facebook Messenger

Meskipun pengguna Facebook di Indonesia mulai berkurang, ternyata pengguna Facebook Messenger ini mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Melalui Facebook Messenger inilah Anda bisa menghubungi siapa saja yang punya Facebook, meskipun Anda sendiri belum punya akunnya lho!

Selain bisa digunakan untuk chatting kapan saja, Anda bisa memainkan berbagai game bersama teman melalui Facebook Messenger yang cocok untuk menghilangkan rasa bosan. Selain itu, Anda juga bisa mengirim dokumen ataupun berbagi link tanpa perlu pindah ke aplikasi chatting lainnya.

Menariknya lagi, menambahkan teman melalui Facebook Messenger ini bisa dilakukan dengan scanning barcode yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik! [Download di sini]

Telegram

Meskipun termasuk aplikasi chatting baru, ternyata Telegram sudah digunakan lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia lho! Melalui Telegram, Anda bisa mengirim pesan suara, video, ataupun chat kapan saja ke seluruh penjuru dunia.

Banyak orang yang mengandalkan Telegram karena adanya fitur “Secret Chat”, di mana pesan akan terhapus setelah beberapa detik penerima pesan membacanya. Telegram juga banyak digunakan untuk groupchat karena kualitas videonya yang bagus dan suaranya yang bisa terdengar jelas. [Download di sini]

Skype

Skype adalah salah satu aplikasi chatting legendaris yang namanya sudah dikenal puluhan tahun lalu. Melalui Skype lah Anda bisa berkomunikasi dengan teman yang tinggal di luar negeri tanpa dikenakan biaya sama sekali.

Selain menawarkan banyak fitur gratis, Skpe juga punya fitur berbayar seperti Anda bisa melakukan panggilan ke telpon rumah yang tersebar di seluruh dunia. Banyak orang yang masih mengandalkan Skype untuk video chat karena aplikasi ini bisa menghubungkan 25 orang sekaligus. [Download di sini]

Line

Line adalah aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di Asia Timur, dan sampai sekarang angkanya sudah mencapai 200 juta pengguna. Meskipun tidak sepopuler Facebook Messenger ataupun WhatsApp, Line juga menawarkan banyak fitur unggulan seperti Line Pay yang bisa digunakan untuk bertransaksi kapan saja lho!

Salah satu alasan kenapa Line banyak dipilih anak uda adalah banyaknya stiker yang bisa dikirimkan untuk membuat chat semakin berwarna. Kualitas foto pun tidak akan berkurang sama sekali sehingga Anda bisa mendapatkan foto beresolusi tinggi kapan saja. [Download di sini]

WeChat

Meskipun pengguna WeChat di seluruh dunia terbilang sedikit, ternyata pengguna WeChat di China sudah menembus angka jutaan lho! WeChat juga menawarkan berbagai fitur unggulan seperti berbagi media, membagikan lokasi, bahkan bisa juga digunakan untuk melakukan pembayaran.

Selain digunakan oleh masyarakat China, WeChat juga banyak digunakan oleh pengusaha yang berbisnis di negeri ini mengingat banyak aplikasi chatting yang diblok di China. Melalui WeChat, Anda juga bisa mencantumkan akun LinkedIn yang akan memudahkan Anda untuk mencari pekerjaan di mana dan kapan saja.

Nah aplikasi chatting mana yang akan jadi pilihan Anda untuk berkomunikasi dengan teman? Yuk segera jalin lagi hubungan baik dengan teman melalui kemajuan teknologi! [Download di sini]