Ragam Contoh Surat Lamaran Kerja Menggunakan Bahasa Inggris

Melamar pekerjaan untuk sebuah posisi tertentu di sebuah kantor atau perusahaan adalah hal yang sudah sangat lumrah kita temui di masyarakat. Ketika akan melamar pekerjaan untuk posisi yang kita anggap sesuai bagi kita, ada banyak yang harus terlebih dahulu kita persiapkan.

Salah satunya adalah surat pengantar melamar pekerjaan.

Surat pengantar untuk melamar pekerjaan atau surat lamaran kerja (dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai cover letter) adalah surat bersifat resmi yang dikirim kepada sebuah perusahaan atau kantor oleh seseorang yang ingin melamar pekerjaan.

Biasanya, surat pengantar melamar pekerjaan berisikan data atau profil singkat dari pengirimnya dan alasan mengapa dia ingin melamar posisi pekerjaan di kantor atau perusahaan tersebut. Surat ini juga bertujuan agar pimpinan atau perekrut bisa mengenali terlebih dahulu si pelamar sebelum memeriksa daftar riwayat hidup atau berkas-berkas lainnya.

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, ada beberapa bagian atau format  penting yang harus kita ketahui. Bagian-bagian penting tersebut antara lain:

  • Tempat dan tanggal ketika surat lamaran kerja ditulis.
  • Kepada siapa surat tersebut ditujukan (misalnya kepada kepala bagian HRD atau langsung kepada direktur sebuah perusahaan). Jangan lupa juga untuk menyematkan nama kantor atau perusahaan yang kita tuju.
  • Salam pembuka surat, yang fungsinya menyapa orang atau bagian kantor/perusahaan yang kita tuju.
  • Kalimat pembuka atau pengantar, yang biasanya diawali dengan kita menyebutkan nama kita, jenjang pendidikan terakhir yang kita tempuh, dan informasi tentang dari mana kita mengetahui adanya lowongan pekerjaan di kantor atau perusahaan tersebut.
  • Data pribadi (opsional, karena biasanya biodata telah dimasukkan ke bagian daftar riwayat hidup).
  • Satu baris yang menyebutkan pengalaman dan kemampuan kerja kita sebagai pelamar.
  • Lampiran yang disertakan bersama surat lamaran kerja.
  • Penutup, yang berupa sedikit kalimat yang meyakinkan perekrut bahwa kita adalah kandidat yang paling sesuai dengan posisi yang kita lamar, berikut salam hormat, nama, dan tanda tangan kita.
Picture by Studio Negarin on Pexels

Artikel belajar Bahasa Inggris kita kali ini akan membahas bagaimana membuat sebuah surat pengantar untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan Bahasa Inggris, yang beberapa contoh suratnya akan ditampilkan di bawah ini.

Contoh-contoh surat yang ada berupa surat pengantar yang ditulis langsung dengan tangan atau diketik dan dikirimkan ke alamat surel resmi dari kantor atau perusahaan yang dituju.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris 1

Gina Sterling

29 Suez Street

Abilene, TX 79601

(325) 676-6721

ginastreling@abilenemail.net

August 4, 2021

Elizabeth Yang

Abilene Office of Journalism

88 El Paulo Avenue

Abilene, TX 79601

Dear Ms. Yang,

I am writing this letter to you to apply for a junior journalist position in your office. I got information about this job vacancy from the official Facebook account of the Abilene Office of Journalism which was uploaded on August 2, 2021.

This junior journalist position suits me very well, and I believe that what I have can make me a potential candidate for this position. My key skills that I believe fit this position include:

  • I have good communication skills, which is certainly useful when I interview people for news.
  • I am able to write various actual and accurate news for various media, such as print media and digital media.
  • I am someone who is able to adapt to the environment around me, and I am also very flexible and ready to work with my colleagues.

Armed with a bachelor’s degree in communication science, I have a full understanding about the challenging world of journalism. I also, previously, had gained work experience when I was an intern at a newspaper office. For more information, you can see the curriculum vitae and work experience sheet which I have attached together with this letter.

You can contact me at my phone number (325) 676-6721 or at my e-mail address ginastreling@abilenemail.net at any time.

Thank you very much for taking some time to read my cover letter for this job application. I will be happy to await further news from you, Miss Yang.

Sincerely, Gina Sterling.

(Gina Sterling

Jalan Suez No. 29

Abilene, TX 79601

(325) 676-6721

ginastreling@abilenemail.net

August 4, 2021

Elizabeth Yang

Kantor Jurnalisme Abilene

Jalan El Paulo No. 88

Abilene, TX 79601

Nona Yang yang terhormat,

Saya menulis surat ini kepada Anda untuk melamar posisi jurnalis junior di kantor Anda. Saya mendapat informasi tentang lowongan pekerjaan ini dari akun Facebook resmi Kantor Jurnalisme Abilene yang diunggah pada tanggal 2 Agustus, 2021.

Posisi jurnalis junior ini sangat sesuai dengan saya, dan saya percaya bahwa apa yang saya miliki dapat membuat saya menjadi kandidat berpotensi untuk menempati posisi ini. Kunci kemampuan saya yang saya yakin sesuai dengan posisi ini antara lain:

  • Saya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, yang tentunya berguna saat saya mewawancarai orang-orang untuk sebuah berita.
  • Saya mampu menuliskan ragam berita yang aktual dan akurat untuk berbagai macam media, seperti media cetak dan media digital.
  • Saya adalah seseorang yang mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar saya, dan saya juga sangat fleksibel dan siap bekerja bersama rekan-rekan saya.

Berbekal gelar sarjana di bidang ilmu komunikasi, saya memiliki pemahaman yang penuh tentang dunia jurnalisme yang menantang. Saya juga, sebelumnya, telah mendapatkan pengalaman kerja ketika saya menjadi karyawan magang di sebuah kantor surat kabar. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat melihat daftar riwayat hidup serta lembaran pengalaman kerja yang telah saya sertakan bersama surat ini.

Anda dapat menghubungi saya di nomor telepon (325) 676-6721 atau melalui alamat surel saya ginastreling@abilenemail.net kapan saja.

Terima kasih banyak atas waktu yang telah Anda luangkan untuk membaca surat pengantar dari saya untuk lamaran pekerjaan ini. Saya akan dengan senang hati menunggu kabar lebih lanjut dari Anda, Nona Yang.

Dengan hormat, Gina Sterling.)

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris 2

Serang, Banten August 4, 2021

Mr. Egar Pratama

Head of HRD

PT. Sinergi Mutu Jaya

Jl. Bayangkara No. 45

Serang, Banten 42111

Dear Mr. Pratama,

My name is Iqbal Anggriawan and I am a graduate from Pancasila University majoring in Management. I am writing this cover letter because I saw a job vacancy for an operational staff position at your office, which was published in the Serang Jaya newspaper on August 1, 2021. Based on the job vacancy, I think that the position is suitable for me.

After graduating from university, I took an internship in a management office for 1 year, where I specifically worked and studied as an operational staff. From the experience, I gained a good experience on the operational staff department.

Then, as you can see from the CV that I have attached, I have also attended several seminars that specifically discussed the management and operations of an office. I am sure that the experiences I have accumulated will help me to fully contribute to your office.

Personally, I am a hard worker who prioritize professionalism and the ability to work in all situations. It will be an honor for me if you recruit me to be part of your office and I believe I can support the growth of your office.

I thank you very much for your willingness and time to read this cover letter from me. I would be happy to wait and hear from you.

Regards, Iqbal Anggriawan.

(Serang, Banten 04 Agustus 2021

Tn. Egar Pratama

Kepala Bagian HRD

PT. Sinergi Mutu Jaya

Serang, Banten 42111

Bapak Pratama yang terhormat,

Nama saya Iqbal Anggriawan dan saya merupakan lulusan dari Universitas Pancasila jurusan Manajemen. Saya menulis surat pengantar ini karena saya melihat adanya lowongan pekerjaan untuk posisi staf operasional di kantor Anda, yang dimuat di surat kabar Serang Jaya pada tanggal 1 Agustus, 2021. Berdasarkan lowongan pekerjaan itu, saya merasa bahwa jabatan tersebut cocok dengan saya.

Setelah lulus dari universitas, saya menyempatkan diri magang di sebuah kantor manajemen selama 1 tahun, di mana secara khusus saya bekerja dan belajar menjadi staf operasional. Dari magang tersebut, saya mendapatkan pengalaman yang mumpuni tentang departemen staf operasional.

Kemudian, seperti yang bisa Anda lihat dari CV yang saya sertakan, saya juga pernah mengikuti beberapa seminar yang secara khusus membahas tentang manajemen dan bagian operasional sebuah kantor. Saya yakin pengalaman-pengalaman yang telah saya kumpulkan akan membantu saya berkontribusi secara penuh di kantor Anda.

Dari segi kepribadian, saya adalah seorang pekerja keras yang mengutamakan profesionalisme dan kemampuan untuk bekerja dalam segala situasi. Akan menjadi suatu kehormatan bagi saya apabila Anda merekrut saya menjadi bagian dari kantor Anda dan saya percaya bahwa saya mampu mendukung pertumbuhan kantor Anda.

Saya haturkan terima kasih banyak atas kesediaan dan waktu Anda untuk membaca surat pengantar dari saya ini. Saya akan dengan senang hati menunggu kabar dari Anda.

Salam, Iqbal Anggriawan.)

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Bahasa Inggris 3

To: hrd.campbellwarrenllc@torontomail.net

From: pamelatucker29@torontomail.net

Subject: Pamela Tucker – Social Media Manager Position (Job Vacancy)

To the Head of Recruitment Warren-Campbell LLC,

I am writing this letter as a form of my interest in the position of Social Media Manager in your company, which was uploaded on your company’s official website.

I previously worked at Smartvention, LLC for 2 years and 11 months as a social media manager. I also have a personal blog that has been running down for 5 years, which I have included in my CV.

The experience I have had at the previous work taught me that social media is always evolving and if we do not keep our pace with these developments, we will be left far behind.

I have a lot of ideas that I would like to share directly with you in person during the interview session, if you give me the opportunity to do so. I hope I can get the opportunity to use my skills to help your company grow and become more advanced, while improving my skills at the same time.

You can check the curriculum vitae that I have included below this letter, if you want more information about myself and the things I am good at.

Thank you for taking the time for my letter and I look forward to meeting you in person in the interview session, which will be held at a time determined by your company.

Best regards, Pamela Tucker

pamelatucker29@torontomail.net

+1 416-397-2517

https://torontolinkedin/pamelatucker

(Kepada: hrd.campbellwarrenllc@torontomail.net

Dari: pamelatucker29@torontomail.net

Subyek: Pamela Tucker – Posisi Manajer Media Sosial (Lowongan Pekerjaan)

Kepada Kepala Rekrutmen Warren-Campbell LLC,

Saya menulis surat ini sebagai wujud ketertarikan saya pada posisi Manajer Media Sosial di perusahaan Anda, yang diunggah di situs resmi perusahaan Anda.

Saya sebelumnya telah bekerja di perusahaan Smartvention, LLC selama 2 tahun 11 bulan sebagai manajer media sosial. Saya juga memiliki blog pribadi yang telah berjalan selama 5 tahun, yang telah saya cantumkan di dalam CV saya.

Pengalaman yang telah saya dapatkan di tempat kerja sebelumnya mengajarkan saya bahwa media sosial selalu mengalami perkembangan dan apabila kita tidak sejajar dengan perkembangan tersebut, kita akan jauh tertinggal di belakang.

Saya memiliki banyak sekali gagasan yang ingin saya bagikan secara langsung dengan Anda dalam sesi wawancara, apabila Anda memberikan saya kesempatan untuk itu. Saya berharap saya boleh mendapatkan kesempatan untuk menggunakan kemampuan saya membantu perusahaan Anda bertumbuh dan menjadi lebih maju, sembari meningkatkan kemampuan saya di saat bersamaan.

Anda bisa memeriksa daftar riwayat hidup yang telah saya cantumkan di bawah surat ini, apabila Anda menginginkan informasi lebih lanjut tentang diri saya dan hal-hal apa saja yang saya kuasai.

Terima kasih atas waktu yang telah Anda luangkan untuk surat saya ini dan saya berharap bisa bertemu secara langsung dengan Anda dalam sesi wawancara, yang akan dilaksanakan pada waktu yang ditentukan oleh perusahaan Anda.

Salam hormat saya, Pamela Tucker

pamelatucker29@torontomail.net

+1 416-397-2517

https://torontolinkedin/pamelatucker)

Picture by Donatello Trisolino on Pexels

Baiklah, teman-teman sekalian, demikian 3 contoh surat lamaran pekerjaan atau surat pengantar lamaran pekerjaan menggunakan Bahasa Inggris.